Jatuh Bangun Gibran Bangun Bisnis Kuliner, Sempat Pinjam Uang ke Bank

Kompas.com - 21/10/2019, 21:20 WIB
Gibran Rakabuming Raka pengusahan kuliner dari Kota Solo. Dok. Chili Pari CateringGibran Rakabuming Raka pengusahan kuliner dari Kota Solo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa boga Chili Pari Catering tak lagi asing bagi masyarakat Kota Solo, Jawa Tengah.

Bisnis kuliner ini dibentuk Gibran Rakabuming Raka sejak 2010. Chili Pari Catering juga berhasil menjadi pasak Gibran untuk membangun bisnis kuliner.

Baca juga: Diberi Semua Bisnis Kuliner Gibran Rakabuming, Ini Reaksi Kaesang

Putra pertama Presiden Jokowi itu memulai usaha Chili Pari Catering saat masih berusia 23 tahun. Ia pun mengalami jatuh bangun merintis bisnis kuliner.

"Saya melihat kesempatan pasarnya ada. Pernikahan orang kan pasti, event pernikahan ada terus. Apalagi saya punya gedung pernikahan sendiri. Jadi satu paket. Pasarnya jelas, pembelinya jelas ada," kata Gibran saat diwawancara Kompas.com, Rabu (29/8/2017).

Dari situs resmi katering Chili Pari, dijelaskan jika ia awalnya tidak dapat langsung membangun usaha karena keterbatasan modal.

Gibran disebut tidak ingin memanfaatkan kekuatan modal orangtua yang berprofesi sebagai pengusaha mebel. Jokowi pada masa itu menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Baca juga: Diberi Semua Bisnis Kuliner Gibran Rakabuming, Ini Reaksi Kaesang

Gibran mengatakan bahwa Jokowi sebenarnya tidak 100 persen setuju akan keinginannya merintis bisnis kuliner. Jokowi ingin Gibran meneruskan usaha mebel miliknya.

Alhasil, Gibran menyusun proposal untuk mengajukan pinjaman ke bank. Karena tidak punya pengalaman berbisnis dan usia yang masih muda, proposal Gibran nyaris ditolak semua bank.

Hanya ada satu bank yang menyanggupi pinjaman Gibran. Itu pun tidak dalam nominal utuh yang diinginkan.

Uniknya saat pertama kali membangun usaha katering, Gibran tak 'mengisi' dapur. Ia justru mendekorasi penampilan kantor katering mirip restoran mini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X