Gibran Terjun ke Politik, Ini 8 Bisnis Kuliner yang Berpotensi Dikelola Kaesang

Kompas.com - 22/10/2019, 09:38 WIB
Martabak delapan rasa yang jadi andalan Markobar Kompas.com/MentariMartabak delapan rasa yang jadi andalan Markobar

KOMPAS.com - Putra Sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, berencana semua bisnis kuliner dialihkan ke sang adik, Kaesang Pengarap. Hal ini Gibran lakukan menimbang langkahnya untuk ikut maju di Pilkada Solo 2020.

"Saya sebentar lagi akan menyerahkan usaha saya ke Kaesang. Saya akan ada pekerjaan di bidang lain, yang tidak dapat fokus (di bidang kuliner) dan hands on (di bisnisnya sendiri)," kata Gibran di acara peluncuran Goola x Mangkok Ku di Mal Kota Kasablanka, Senin (21/10/2019).

Bisnis kuliner pertama yang dibangun Gibran adalah katering Chili Pari di Surakarta. Katering yang sekaligus menjadi usaha pertama Gibran ini ia bangun saat berusi 23 tahun.

Kemudian ia melebarkan sayapnya di kancah kuliner dengan merintis beberapa merek makanan lain. Berikut delapan bisnis kuliner yang dimiliki Gibran Rakabuming Raka.

Kateringa asal Solo, Chili Pari. Dok. Chili Pari Catering Kateringa asal Solo, Chili Pari.

1. Chili Pari

Chili Pari merupakan bisnis kuliner pertama yang dibangun pada akhir tahun 2010. Dikutip dari situs resminya, Chili Pari merupakan penyedia jasa one-stop wedding solution yang berbasis di Kota Solo, Jawa Tengah.

Bisnis ini menyediakan jasa catering, penyediaan gedung, suvenir, undangan, Master Ceremony (MC), mobil pengantin, dekorasi, rias pengantin, dokumentasi, sound system. Selain itu, pemakai jasa dapat berkonsultasi secara gratis, terkait rencana pernikahan yang akan digelar.

Untuk bisnis cateringnya, Chili Pari fokus pada masakan Jawa dengan konsep yang berbeda yaitu “Traditional Taste, Modern Touch”. Namun tersedia juga menu masakan lain seperti Japanese, italian, Chinesse, Western dengan pemesanan minimal 250 pak.

Martabak delapan rasa yang jadi andalan MarkobarKompas.com/Mentari Martabak delapan rasa yang jadi andalan Markobar

2. MARKOBAR

MARKOBAR adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner yang sudah berdiri sejak 1996. Dilansir dari situs resminya, MARKOBAR merupakan singkatan dari MARTABAK KOTTA BARU.

MARKOBAR berkonsentrasi di jenis makanan yaitu martabak manis. Martabak yang disediakan dibiarkan terbuka diberikan berbagai macam topping premium dan disajikan mirip dengan pizza.

Delapan varian toping menarik disediakan untuk pembeli seperti cokelat Toblerone, cokelat Ovomaltime, KitKat cokelat, green tea matcha , Silverqueen, Tim Tam Red Velvet, Nutella dan Oreo. Selain martabak manis, gerai ini juga menyediakan martabak tipis kering.

Sampai saat ini, sudah ada 33 gerai MARKOBAR yang tersebar di seluruh Indonesia diantaranya, Jakarta, Bandung, Bali, Semarang, Solo, Jogja, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Balikpapan, Makasar, Medan, dan seterusnya.

Pasta Buntel.TRIBUNNEWS Pasta Buntel.

3. Pasta Buntel

Pasta Buntel merupakan usaha kuliner yang dikembangkan Gibran bersama tiga temannya pada bulan Oktober 2015.

Bisnis ini fokus ke panganan berbahan dasar pasta. Berbeda dengan pasta umumnya, pasta akan dibumbui degan bumbu khas Nusantara yang dibungkus dengan daun pisang. Cara memasak pasta juga unik, yaitu dibakar layaknya pepes.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X