Kompas.com - 22/10/2019, 10:30 WIB
Buah salak paulprescott72Buah salak

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat ramai di media sosial, istri konglomerat Ardi Bakrie ternyata tidak tahu bagaimana cara mengupas salak.

Di instastory milik @ardibakrie Nia Ramadhani bahkan mengatakan jika membuka salak dengan menggunakan pisau.

Hal ini sontak menjadi perbincangan warganet dan sempat menjadi trending topik di Twitter.

Baca juga: Tak Bisa Kupas Salak, Nia Ramadhani: Pakai Pisau?

Mengupas buah salak memang sesuatu pekerjaan yang tidak boleh dianggap sepele. Jika tidak hati-hati maka kulit salak bisa membuat tangan terluka saat berusaha mengupasnya.

Sebenarnya cara mengupas buah dengan julukan snake fruit ini relatif mudah. Pertama pegang salak dengan bagian mengerucut ada di atas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu cari bagian ujung atas yang sedikit kopong. Tekan ke belakang dengan ibu jari (jangan dengan kuku). Lalu kupas kulitnya dengan hati-hati. Jika sudah terkupas semua, buah salak yang manis, renyah dan berair ini siap kamu santap.

Baca juga: Trending, Nia Ramadhani Ternyata Tak Tahu Cara Kupas Salak

Selain disantap langsung, buah yang pohonnya penuh dengan duri ini juga bisa dijadikan variasi makanan yang patut kamu coba.

Jadi jika kamu seperti Nia yang tidak tahu cara mengupas salak atau sekadar malas mengupasnya, bisa nikmati aneka makanan olahan berbahan dasar si buah manis bersisik ini, berikut ini.

1. Sambal Salak

Orang Indoneisa tidak lengkap jika makan tak pakai sambal. Namun bagaimana dengan sambal salak? Hidangan ini menjadi bisnis bagi Shelly, perempuan asal Bekasi menjadi hidangan anti mainstrem, yakni sambal salak.

Baca juga: Salaku, Sambal Salak Buatan Rumah Khas Bekasi

Salaku merupakan usaha dari perempuan 47 tahun ini yang mengenalkan sambal salak ke masyarakat luas. Awal mula usahanya, olahan salaknya ini berbentuk brownies dan kue kering. Namun, justru pelanggannya malah meminta olahan salaknya dibuat jadi produk lain.

Ia mengaku harus menenak dulu tekstur salah yang sedikit keras dan rasanya manis sehingga dapat mengolahnya menjadi sambal. Bahannya ialah dari rawit merah, tanpa cabai keriting dan bawang putih dan ditambahkan ebi.

Ketika melewati proses pemasakan, rasa manis salaknya akan berkurang sebenarnya, tapi akan muncul rasa khas. Ketik sudah jadi akan ada perpaduan pedas, gurih dengan potongan salak yang sudah dimasak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.