Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Yogyakarta, Ini 5 Tempat Wisata Sekitar Prambanan

Kompas.com - 22/10/2019, 11:03 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comYogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia.

Daerah istimewa ini tak pernah sepi oleh wisatawan baik mancanegara maupun nusantara. Salah satu daerah wisata di Yogyakarta adalah Prambanan.

Baca juga: Romantisnya Puncak Becici, Lokasi Melihat Senja dan Kerlip Yogyakarta

Prambanan yang separuh daerahnya masuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan separuhnya lagi masuk administrasi Klaten, Jawa Tengah ini memiliki banyak spot-spot wisata yang tidak boleh kamu lewatkan.

Selain Candi Prambanan, terdapat 5 spot wisata lagi yang bisa kamu kunjungi di sekitar Prambanan.

Bagi kamu yang sedang di Prambanan dan ingin menikmati spot-spot wisata di sana, berikut 5 spot wisata sekitar Prambanan yang patut kamu kunjungi:

Candi Plaosan dipadu view persawahanKOMPAS.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Plaosan dipadu view persawahan

1. Candi Plaosan

Tempat wisata satu ini buka dari pukul 08.00 hingga pukul 17.30 WIB. Kamu bisa memasukkan Candi Plaosan dalam sekali kunjungan dengan Candi Prambanan dan Candi Sewu karena letaknya berdekatan.

Candi Plaosan kerap dikaitkan sebagai sebuah saksi dari ikatan cinta suci antara Rakai Pikatan yang beragama Hindu dengan Sri Kaluhuran beragama Buddha.

Oleh karena itu, candi ini kerap dikaitkan juga sebagai Candi Hindu Buddha. Masyarakat sekitar pun percaya bila ada kedua pasangan yang datang ke Candi Plaosan ini maka hubungan keduanya akan langgeng.

Baca juga: 5 Sudut Instagramable di Candi Plaosan Lor Klaten, Cocok untuk Foto

Candi ini terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul yang hanya dipisahkan oleh jalan raya. Jarak kedua candi ini hanya 200 meter saja. 

Kamu juga bisa berfoto di spot-spot foto menarik yang ada di candi ini. Kawasan spot foto berada di belakang Candi Plaosan yang dikelola oleh warga.

Kawasan ini paling tepat untuk menikmati Candi Plaosan yang dikenal mempunyai titik sunset yang cantik, lucu, dan juga menggemaskan.

Kamu bisa mengunjungi candi ini dengan dua cara yaitu dengan transportasi umum Trans Jogja dan dengan kendaraan pribadi.

Jika kamu naik trans Jogja, turunlah di halte Candi Prambanan. Kemudian dari sana, kamu bisa menggunakan ojek dengan harga sekitar Rp 20.000.

Sedangkan jika naik kendaraan pribadi, arahkan kendaraanmu menuju arah Prambanan jika dari kota Yogyakarta. Kemudian kamu belok kiri sebelum lampu merah Prambanan.

Harga tiket masuk candi Rp 3.000. Tarif parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com