5 Kedai Es Legendaris di Jakarta Pusat, Sejuk saat Suhu Jakarta Panas

Kompas.com - 22/10/2019, 12:30 WIB
Es krim ragusa. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOEs krim ragusa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal sejarah es krim di Jakarta, tentu Jakarta Pusat rumahnya. Ada begitu banyak kedai es krim legendaris di Jakarta Pusat.

Lokasinya yang merupakan pusat pemerintahan dan perumahan elit sejak dahulu, membuat kedai es, khususnya es krim pertama kali muncul di daerah ini. Sampai sekarang ada beberapa kedai es legendaris yang bertahan di Jakarta Pusat.

Bagi kamu penggemar es krim, lima kedai es legendaris ini dapat menjadi rute nostalgia sekaligus belajar sejarah makanan Jakarta. Berikut adalah kedai es krim legendaris di Jakarta Pusat:

1. Ragusa

Kalau bicara es krim di Jakarta, Ragusa wajib masuk. Sebab inilah kedai es krim bersejarah yang masih terus bertahan. Ragusa berdiri pada 1932 dan kini menjadi kedai es krim tertua di Jakarta

Duo bersaudara asal Italia, Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa adalah perintis sekaligus asal nama Ragusa. Dahulu es krim Ragusa hanya dijual setahun sekali saat pasar malam di Pasar Gambir diselenggarakan.

Baru tahun 1847 Ragusa menetap di Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat. Es krim unggulan di Ragusa adalah Tutti Frutti dan Cassata Siciliana.

Baca juga: Es Selendang Mayang, Jajanan yang Semakin Sulit Ditemukan

Jangan lupakan es krim spaghetti dengan penyajian dan bentuk ala spaghetti Italia yang tersohor.

Hal yang menarik dari Ragusa adalah dekorasi ruang serta alat makan yang masih tampak seperti dulu kala. Ini yang membuat pelanggan betah berlama-lama di Ragusa hanya untuk bernostalgia.

Kedai es krim Ragusa beralamat di Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X