Share this page

Menyelami Sisi Toba yang Romantis

Kompas.com - 23/Oct/2019 , 16:17 WIB

Menyelami Sisi Toba yang Romantis

KOMPAS.com - Berwisata ke daerah Danau Toba tak cukup dalam satu hari. Pernahkah Anda menyusuri sisi Toba yang romantis?

Desa Silalahi merupakan salah satu desa di kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara yang bertepian langsung dengan Danau Toba. Beragam obyek wisata dengan panorama alam memikat Danau Toba ada di sini.

Di sana pula ada Bukit Siadtaratas, yang merupakan salah satu lokasi unggulan untuk menikmati alam Danau Toba yang tak ada duanya. Pemandangan dari atas bukit nan hijau, hamparan luasnya kaldera terbesar di Asia Tenggara ini memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan. Begitu romantis.

Bukit Teletubbies di tepian Toba

Untuk menikmati indahnya alam Bukit Siadtaratas, wisatawan cukup membayar biaya administrasi Rp10.000. Sedangkan untuk setiap motor yang masuk sdikenakan kocek sebesar Rp15.000.

Habiskan malam saat akhir pekan di Bukit Siadtaratas, maka Sobat Pesona sudah bisa masuk dalam lokasi wisata alam yang cantik ini. Jalurnya cukup menanjak namun tak begitu sulit dilalui dengan berjalan kaki.

Bukit Siadtaratas sering juga disebut dengan Bukit Teletubbies karena bentuknya memang sangatlah mirip hanya ukurannya jauh lebih besar.

Bagi para wistawan yang hendak camping, ada banyak spot untuk mendirikan tenda. Namun perlu diperhatikan, Bukit Siadtaratas tak memiliki banyak pohon, jadi hembusan angin dipastikan akan sangat kencang. Maka perlu sedikit berhati-hati memilih spot untuk camping.

Selain menikmati indahnya panorama alam Danau Toba, lengkap beserta terbit dan terbenamnya matahari di balik bukit-bukit yang mengitari danau, kita pun bisa merasakan segarnya air danau.

Dari bukit itu kita bisa menyelami air jernih, berenang-renang atau mengayuh kano di tepian danau Toba.

Selain kegiatan petualangan alam, wisatawan juga bisa turut melakukan aktivitas yang sering dilakukan oleh masyarakat setempat, yakni memancing ikan di Tao Silalahi.

Jika bosan dengan alat pancing konvensional maupun dengan jala, kita juga bisa mencoba dengan menembak ikan tersebut dengan dengan panah tradisional ala masyarakat Silalahi.

Ada berbagai ikan endemik dari danau terluas di Asia Tenggara ini, namun yang paling populer untuk menjadi santapan lezat ialah ikan mujair.

Nikmati kuliner lezat, ikan segar di tengah alam sejuk Toba, sepiring nasi pulen ditemani ikan tombur, sensasinya luar biasa!

Baca artikel lainnya:

Tapanuli Utara Saksi Sejarah Perjuangan

Wisata dan Foto Prewedding Romantis di Bukit Gajah Bobok

Wisata Danau Toba, Nih 5 Lokasi Istimewa di Kabupaten Dairi

Masih banyak obyek wisata menarik lain yang sayang untuk dilewatkan. Simak ceritanya dan lihat perjalanan ke sana lewat laman Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya