Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2019, 17:00 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comWishnutama resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Indonesia Maju.

Dalam sambutannya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata RI, Jakarta, Rabu (23/10/2019), Wishnutama menyebut tantangan pertamanya sebagai menteri adalah menyelaraskan core antara pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Garap Pariwisata, Wishnutama Bakal Kembangkan Event Wisata

Mantan Direktur Utama NET TV ini mengatakan kementerian tersebut memiliki kemampuan untuk mengelola kedua hal tersebut.

“Saya kira betul, karena itu kemampuan kita untuk mengelolanya. Jadi akan ada banyak event menarik, saya mohon izin kepada Pak Arief Yahya (Menteri Pariwisata 2014-2019),” kata Wishnutama dalam sambutannya pada Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Menteri Pariwisata ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ia mencontohkan negara Belgia dalam melakukan pengelolaan core ekonomi kreatif yang memanfaatkan Tomorrowland sebagai daya tarik wisatawan.

“Kita ambil contoh Belgia, mereka punya Tomorrowland, dia hanya mengandalkan padang rumput saja, tapi bisa menarik daya tarik yang luar biasa. Kita punya lebih dari itu,” ujarnya.

Wishnu melanjutkan, selain dengan cara promosi, Pariwisata Indonesia harus memikirkan daya tarik yang luar biasa sehingga membuat wisatawan ingin datang berkunjung. Menurutnya, hal ini juga berkaitan dengan kualitas dan bagaimana cara meningkatkan itu semua.

Baca juga: Profil Wishnutama, dari Orang TV Menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Selain itu, ia juga sempat menanggapi 100 Calendar of Event yang diluncurkan awal Oktober lalu. Menurutnya, acara-acara yang ada semuanya baik, namun akan lebih baik lagi apabila difokuskan ke beberapa acara saja.

“Gak perlu banyak-banyak, tapi harus diseriusi, lebih baik difokuskan, namun itu semua butuh proses untuk menuju ke sana, tapi yang terpenting adalah itu salah satu daya tarik yang akan kita kembangkan,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Wishnutama tidak begitu banyak berkomentar. Ia mengakui bahwa dirinya masih belum terlalu tahu banyak soal pariwisata ke depannya.

Namun, ia ingin mengetahui lebih banyak seluk-beluk pariwisata demi memajukan pariwisata Indonesia. Ia juga meminta dukungan dari segenap jajaran kementerian pariwisata, dan tentunya dukungan generasi muda.

“Kurang lebih begitu, saya perlu waktu, dukungan dari jajaran kementerian, dan tak lupa dukungan dari generasi muda. Akhir kata ‘Can’t wait to see you, guys,” tutup Wishnu bersemangat.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com