Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTT Jadi Destinasi Wisata dengan Harga Terbaik Rekomendasi Lonely Planet

Kompas.com - 24/10/2019, 18:40 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Situs perjalanan Lonely Planet merangkum destinasi terbaik untuk 2020 dalam, Lonely Planet's Best in Travel for 2020.

Ada empat kategori destinasi yang masuk rekomendasi Lonely Planet untuk 2020. Empat kategori tersebut adalah Top 10 Countries (10 Negara Terbaik), Top 10 Cities (10 Kota Terbaik), Top 10 Regions (10 Daerah Terbaik), dan Top 10 Value (10 Destinasi dengan Harga Terbaik)

"Kami bertanya kepada semua orang, dari penulis dan editor kami, influencer sosial media, dan menimbulkan perdebatan yang sengit," dikutip dari Lonely Planet.

Dari pertanyaan dan perdebatan tersebut, Lonely Planet merangkum 10 pemenang untuk masing-masing kategori.

Para pemenang dipilih karena aktualitas (keberlangsungan panjang), pengalaman unik, dan faktor 'wow'.

"Kami juga menggangap serius pariwisata berkelanjutan dan membantu Anda untuk memiliki imbas yang positif ke manapun Anda memilih berwisata," tulis Lonely Planet.

Baca juga: Berapa Bujet Backpacking ke Alor?

Dari empat kategori tersebut, Indonesia masuk dalam satu kategori yakni Top 10 Value.

Nusa Tenggara Timur mewakili Indonesia sebagai Destinasi dengan Harga Terbaik rekomendasi Lonely Planet untuk 2020.

"Wilayah di Indonesia yang sering diabaikan ini, merupakan hadiah bagi mereka yang lebih sering berkunjung ke Bali. Pulau ini adalah rumah bagi pantai murni yang jauh lebih sepi dibanding di bagian barat," tulis Lonely Planet.

Alor menjadi sorotan Lonely Planet sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di Indonesia. Di NTT wisatawan juga lebih leluasa lantaran kondisinya belum seramai Bali atau Tiga Gili di Nusa Tenggara Barat.

Taman Laut Selat Pantar Alor, Nusa Tenggara Timur, memiliki keunikan sendiri. Berbagai jenis karang dan tumbuhan laut ditemukan di tempat tersebut dengan berbagai ragam warna. Pada sore dan pagi hari, ratusan lumba-lumba menari di permukaan air laut di sekitar pulau-pulau kecil yang mengelilingi selat itu. Foto diambil pada Kamis (27/10/2016).ARSIP DINAS PARIWISATA ALOR Taman Laut Selat Pantar Alor, Nusa Tenggara Timur, memiliki keunikan sendiri. Berbagai jenis karang dan tumbuhan laut ditemukan di tempat tersebut dengan berbagai ragam warna. Pada sore dan pagi hari, ratusan lumba-lumba menari di permukaan air laut di sekitar pulau-pulau kecil yang mengelilingi selat itu. Foto diambil pada Kamis (27/10/2016).

Lonely Planet juga menyoroti rencana kenaikan harga tiket berkali-kali lipat bagi turis yang akan masuk Pulau Komodo dengan kartu premium.

"Kelompok wisatawan jadi akan lebih sedikit, membatasi jumlah wisatawan dan melindungi populasi komodo. Meskipun turis dengan anggaran terbatas masih bisa menuju pulau lain seperti Rinca," tulis Lonely Planet.

Selain Nusa Tenggara Timur yang mewakili Indonesia, berikut adalah daftar lengkap Top 10 Value atau Destinasi dengan Harga Terbaik rekomendasi Lonely Planet untuk 2020:

Baca juga: Batal Ditutup, Wisatawan yang Masuk ke Pulau Komodo Harus Miliki Kartu Premium

1. Nusa Tenggara Timur, Indonesia
2. Budapest, Hungaria
3. Madhya Pradesh, India
4. Buffalo, New York, Amerika Serikat
5. Azerbaijan
6. Serbia
7. Tunisia
8. Cape Winelands, Afrika Selatan
9. Athena, Yunani
10. Zanzibar, Tanzania

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com