Asian Games 2018, Contoh Event yang Berdampak Ekonomi dan Branding

Kompas.com - 24/10/2019, 20:00 WIB
Penampilan grup band Korea iKON pada Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/9/2018). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPenampilan grup band Korea iKON pada Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Operating Officer, Accor Malaysia, Indonesia, Singapore, and South Asia Garth Simmons menuturkan bahwa ajang olahraga Asian Games tahun 2018 berdampak kepada okupansi hotel-hotel di Jakarta.

"Tahun 2019 ini seperti wait and see, karena ada Pemilu dan juga Ramadhan. Beda sekali dengan tahun sebelumnya saat ada Asian Games," kata Gareth kepada Kompas.com saat acara peresmian Ibis Styles Tanah Abang, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Ia mengakui hotel-hotel di Jakarta yang dekat dengan venue Asian Games merasakan dampak positif dari penyelenggaraan acara ini.

"Namun kita tidak hanya berbicara dampak ekonomi saja. Menurut saya, Asian Games dipandang semakin mengangkat Jakarta ke mata internasional. Ini jadi branding Jakarta," tambahnya.

Baca juga: Sederet Pekerjaan Rumah untuk Wishnutama

Garth pun melihat kesuksesan suatu event pasti akan berdampak pada pariwisata.

Selain itu, ia berharap pemerintah Indonesia mampu mengembangkan infrastruktur untuk menunjang suatu destinasi.

"Perlunya infrastruktur untuk mengembangkan destinasi, perlu jalan dan juga bandara," tuturnya.

Pihaknya sendiri mengaku siap bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam turut mengembangkan pariwisata.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Rabu (23/10/2019). Ia bertugas meningkatkan kreativitas masyarakat dan devisa, termasuk di dalamnya agar dapat menyelenggarakan perhelatan skala internasional lebih baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X