Kompas.com - 25/10/2019, 06:03 WIB

PACITAN, KOMPAS.comPacitan memang memiliki julukan sebagai Kota 1001 Goa. Namun selain goa, ada banyak pantai yang indah di pesisir selatannya.

Hal itu menjadikan Pacitan sebagai destinasi wisata yang pas dikunjungi saat akhir pekan.
Pantai dengan pasir putih, air laut yang jernih, langit biru dan awan putihnya, serta dikelilingi perbukitan hijau menjadi lanskap umum pantai-pantai di Pacitan.

Baca juga: Pak Supadi, Saksi Hidup Perjuangan Jenderal Sudirman di Pacitan

Kompas.com telah menjelajah beberapa pantai terindah di kabupaten yang menjadi tempat kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Enam pantai ini membentang di jalur selatan Pacitan, sehingga cocok untuk dijadikan pilihan wisata touring sepeda atau sepeda motor. 

Berikut ini adalah enam pantai indah di Pacitan rekomendasi Kompas.com yang pas dikunjungi saat liburan:

1. Pantai Banyu Tibo

Keunikan langsung tersaji di urutan pertama ini. Banyu Tibo berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yakni banyu yang berarti air dan tibo dengan arti jatuh. Banyu Tibo pun bisa diartikan sebagai air terjun.

Sesuai namanya, terdapat air terjun yang langsung mengarah di kawasan pasir putih Pantai Banyu Tibo ini.

Pantai Banyu Tibo di Pacitan dengan air terjun yang langsung mengarah ke pantai.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Banyu Tibo di Pacitan dengan air terjun yang langsung mengarah ke pantai.

Wisatawan pun bisa mandi di bawah guyuran air terjun tersebut. Mereka pun bisa leluasa bermain air laut di atas pasir putih yang lembut.

Baca juga: Menjelajah Banyu Tibo, Pantai dengan Air Terjun Tepi Laut di Pacitan

Namun, hendaknya wisatawan tetap berhati-hati karena ombak pantai daerah selatan terkenal tinggi.

2. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan berada di sebelah timur Pantai Banyu Tibo. Kedua pantai itu sama-sama berada di kecamatan paling barat Pacitan, Donorojo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.