Perempuan Muslim Muda Berkontribusi Terhadap Industri Pariwisata Dunia

Kompas.com - 25/10/2019, 09:00 WIB
Kelompok wisatawan perempuan. Interprid TravelKelompok wisatawan perempuan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis oleh Mastercard dan CrescentRating, sebanyak 28 persen perempuan muslim melakukan perjalanan wisata sendiri pada 2018.

Angka tersebut mengindikasikan bahwa populasi lebih muda yang memiliki keinginan untuk menjelajah dunia.

Sekitar 63 juta wisatawan muslim perempuan menghabiskan lebih dari 80 miliar dollar AS untuk perjalanan wisata mereka pada tahun lalu.

Angka ini diprediksi akan tumbuh seiring meningkatnya jumlah dan pengaruh dari wisatawan muslim perempuan di pasar wisata global.

Baca juga: Taiwan, Salah Satu Pilihan Destinasi Wisata Halal Terbaik

Dengan dua pertiga berusia 40 tahun atau lebih muda, mengindikasikan bahwa perempuan muslim muda berkontribusi terhadap pertumbuhan industri pariwisata.

Lebih dari setengah jumlah mereka menggunakan media sosial untuk mencari informasi mengenai akomodasi, logistik, dan tempat makan.

“Terlepas dari pasar wisata wanita muslim yang semakin meningkat, sampai saat ini tidak banyak penelitian yang telah dilakukan untuk memahami lebih baik segmen yang sedang berkembang dengan pesat ini serta berbagai tantangan yang mereka hadapi," kata Head of Marketing of CrescentRating & HalalTrip, Raudha Zaini sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (18/10/2019).

Raudha menjelaskan laporan terbaru menjelaskan mengenai perjalanan perempuan muslim ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pemanku kepentingan industri pariwisata, agar dapat memenuhi kebutuhan wisatawan perempuan muslim dengan lebih baik.

Wisatawan perempuan muslim dan motivasi perjalanannya

Sebagian besar dari wisatawan perempuan muslim melakukan perjalanan dua hingga tiga kali per tahun.

Berlibur menjadi tujuan utama (90 persen), diikuti oleh perjalanan keagamaan (21 persen), dan bisnis (11 persen).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X