Share this page

Catat Nih, 3 Destinasi Eksotik di Taman Nasional Baluran

Kompas.com - 25/Oct/2019 , 10:19 WIB

Catat Nih, 3 Destinasi Eksotik di Taman Nasional Baluran

KOMPAS.com - Jika Sobat Pesona berkunjung ke Banyuwangi, tak ada salahnya berkunjung ke Taman Nasional Baluran.

Walaupun secara administratif Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Situbondo, akan tetapi dengan jarak hanya 40 kilometer dari Banyuwangi dengan estimasi 1 jam perjalanan, membuat Taman Nasional ini layak sebagai destinasi yang harus dikunjungi.

Taman Nasional yang berbatasan dengan Selat Madura di utara dan Selat Bali di Bagian Timur itu merupakan Taman Nasional tertua dan pertama di Indonesia. Sebuah Kawasan Konservasi Flora & Fauna yang masih asri dan alami. Pesonanya, sungguh eksotik.

Penamaan kawasan konservasi itu sendiri diambil dari sebuah gunung yang bernama Baluran, gunung yang terletak di paling timur Pulau Jawa dan berada di area Taman Nasional.

Gunung Baluran seolah menjadi Background yang tak terpisahkan jika berbicara Taman Nasional yang dibuka tahun 1980. Untuk menikmati sensasi liarnya Baluran, jangan lewatkan 3 destinasi eksotik di taman nasional yang biasa disebut Little Africa ini.

Evergreen

Sepanjang perjalanan 5 kilometer dari gerbang kompleks Taman Nasional Baluran, kita akan melihat kawasan Evergreen, dimana hutan hijau sepanjang tahun ini seperti lorong hutan hijau yang lebat dan alami, merupakan pemandangan kontras di Taman Nasional yang terkenal dengan Sabananya ini.

Savana Bekol

Destinasi pertama yang penulis kunjungi adalah Savana Bekol, sebagai informasi Taman Nasional yang memiliki luas 25.000 hektare ini hampir 40 persen-nya adalah Sabana.

Savana Bekol adalah salah satunya. Saat memasuki tugu Savana Bekol kita langsung disambut dengan kawanan monyet ekor panjang.

Perlu diperhatikan untuk tidak memberi makan kawanan primata asli Baluran ini, sebab bisa membuat monyet ekor panjang ini semakin agresif dan mengganggu sifat alami mencari makan sendiri bagi primata ini.

Kawasan Savana Bekol seakan menjadi tempat yang menarik untuk sekedar mengamati dan memoto satwa liar di Taman Nasional Baluran.

Kawanan Banteng, Kerbau, Merak, Rusa dan satwa liar lainnya seakan menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi pemandangan sabana yang tidak biasa di iklim tropis membuat tempat ini sangat instagenik.

Jangan lupa untuk mengambil foto di tugu Taman Nasional Baluran yang terkenal ini, apalagi ada jejeran kepala rusa dan banteng bertanduk yang sudah kering menjadi pemandangan unik.

Pantai Bama

Pantai Bama terletak kurang lebih 3 kilometer dari Padang Savana Bekol, salah satu pantai yang memiliki pemandangan sunrise yang eksotik.

Pantai yang memiliki air laut yang biru tenang dan pasir putih yang lembut dan bersih ini merupakan salah satu dari beberapa pantai yang terletak di Taman Nasional Baluran.

Pantai Bama, Taman Nasional Baluran.https://pesona.travel Pantai Bama, Taman Nasional Baluran.

Keunikan Pantai Bama lainnya adalah pantai ini dipenuhi juga dengan berbagai macam satwa liar seperti beberapa burung endemik dan monyet ekor panjang yang mondar mandir disekitaran bibir pantai mencari kepiting.

Apalagi disekitaran pantai ini dikelilingi oleh hutan mangrove alami, di sisi barat Pantai Bama ada jalan setapak dimana sobat pesona bisa melihat lebih dekat tentang konservasi hutan bakau yang dilindungi ini.

Akses

Masuk ke Taman Nasional Baluran, Sobat Pesona harus membeli tiket masuk seharga Rp 17.500 per orang, dan tiket roda empat dikenai biaya Rp 15.000 per mobil.

Tak perlu khawatir saat memasuki kompleks taman nasional ini, sebab jalanan yang tadinya bergelombang kini sudah diaspal mulus.

Akan tetapi wajib berhati-hati, karena ada banyak satwa liar yang berlalu lalang di sepanjang perjalanan.

Akses ke Taman Nasional Baluran sangat mudah, lokasinya pun sangat strategis karena terletak di jalan raya lintas Situbondo – Banyuwangi tepatnya di km 35.

Apabila sobat pesona menggunakan kendaraan pribadi dari arah Surabaya – Ketapang maka akan melihat gerbang Taman Nasional ini sebelum masuk wilayah kabupaten Banyuwangi.

Atau jika Sobat Pesona menggunakan kereta api, maka harus turun di Stasiun Banyuwangi Baru. Dan melanjutkan perjalanan menuju terminal Ketapang, setelah itu bisa melanjutkan dengan bis jurusan Ketapang – Surabaya, maka akan langsung diantarkan ke depan gerbang Taman Nasional Baluran.

Baca artikel lainnya:

Mau ke Taman Nasional? Perhatikan Hal Ini Dulu!

Mengunjungi Hutan Eksotis dan Hits di Banyuwangi, De Djawatan

Sadengan, Padang Rumput Afrika di Banyuwangi

Baca juga destinasi lain dan temukan keindahan di laman Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya