Kompas.com - 26/10/2019, 06:30 WIB
Pintu masuk ke Kolam Ajele di Raja Ampat, Papua Barat. KOMPAS.com/ABBA GABRILLINPintu masuk ke Kolam Ajele di Raja Ampat, Papua Barat.


WAIGEO, KOMPAS.com - Pulau-pulau yang terbentang di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, diyakini menyimpan banyak spot atau lokasi wisata yang masih alami.

Beberapa spot bahkan baru diketahui dan belum tersentuh oleh manusia sebelumnya. Tempat-tempat baru ditemukan oleh nelayan atau warga yang tak sengaja menelusuri perbukitan di pulau-pulau Raja Ampat.

Salah satunya adalah Kolam Ajele di dekat Teluk Mayalibit di Pulau Waigeo, Raja Ampat.

KompasTravel bersama para peserta Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 berkesempatan mengunjungi Kolam Ajele pada Sabtu (19/10/2019).

Baca juga: Mengenal Kepulauan Fam, Si “Raja Ampat Kecil“

Pemilik speed boat yang membawa para peserta festival sempat berucap bahwa dirinya mungkin sudah ratusan kali melalui kawasan itu.

Namun, dia tidak pernah mengetahui bahwa ada spot wisata tersembunyi yang kini diberi nama Kolam Ajele tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Memang kolam ini baru ditemukan sekitar setahun lalu, pada 2018," ujar Fadli yang menjadi pemandu wisata.

Wisatawan di Kolam Ajele, Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (19/10/2019).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Wisatawan di Kolam Ajele, Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (19/10/2019).

Kolam Ajele disebut juga sebagai telaga hijau. Untuk menjangkau Kolam Ajele, wisatawan dari Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat, dapat menyewa speed boat dan menempuh perjalanan sekitar 1 jam.

Kolam Ajele adalah sebuah kolam air tawar yang terletak di dalam bukit.

Untuk menjangkau kolam setelah turun dari speed boat, wisatawan harus melewati tebing bebatuan yang terkadang dialiri air dari kolam tersebut.

Baca juga: Aneka Oleh-oleh Anti-mainstream dari Raja Ampat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.