Inilah Kota Terbaik di Dunia untuk Berburu Street Food

Kompas.com - 27/10/2019, 15:01 WIB
Street food di Singapura T.Dallas / Shutterstock.comStreet food di Singapura


KOMPAS.com - Singapura dinobatkan sebagai Kota Terbaik Dunia untuk wisatawan yang terobsesi dengan street food (jajanan pinggir jalan), pada tahun 2019.

Baca juga: Nasi Hainan, Nasi Gurih Khas Singapura yang Menggugah Selera

Hal ini sesuai dengan daftar The World’s 50 Best Cities For Street Food-Obsessed Travellers yang dirilis Majalah CEOWORLD yang merupakan majalah bisnis dengan segmen pembaca kelas atas.

Menurut survei tersebut, Bangkok dan Hong Kong masing-masing menempati urutan kedua dan ketiga.

Singapura didaulat sebagai salah satu negara dengan street food paling aman di dunia karena aturan pemerintah yang cukup ketat tentang lokasi dan kebersihan.

Hidangan street food di Singapura yang direkomendasikan adalah nasi hainan, sup tulang, dan min chiang kueh (pancake kacang).

Pedagang makanan di Singapura umumnya berkumpul di pujasera (food court) yang tersebar di setiap jalan. Harga makanan di pujasera jauh lebih murah ketimbang di restoran.

Baca juga: Bali Masuk 50 Kota Terbaik Dunia untuk Street Food

Nasi ayam Singapura, kopi tiam, hidangan khas India, kepiting saus cabai, roti cane, dan nasi lemak adalah hidangan khas Singapura yang multietnis.

Salah satu street food yang terkenal di Singapura adalah nasi hainan. Nasi hainan khas Singapura ini kerap disebut juga sebagai chicken rice atau Nasi Ayam Singapura.

Ayam rebus disajikan dengan nasi gurih. Lalu diberi saus dari kecap asin dan juga sambal cabai hijau tumbuk. Tambahan lagi sup kaldu ayam sebagai pendampingnya. 

Nasi hainan khas SingapuraShutterstock.com Nasi hainan khas Singapura

Sup tulang, merupakan salah satu street food yang juga terkenal di Singapura. Tulang yang digunakan merupakan bagian engsel sapi.

Biasanya sapi yang digunakan diimpor dari Australia. Setiap tulang menyisakan sebagian daging di bagian engsel.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X