Kompas.com - 28/10/2019, 13:48 WIB
Warung Nasi Campur Bali, Bu Weti, Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Jumat (28/9/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAWarung Nasi Campur Bali, Bu Weti, Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Jumat (28/9/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com - Bali memang terkenal dengan keindahan alam dan budaya. Berkunjung ke Pulau Dewata rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan jalanan atau street food yang dijajakan oleh warga lokal.

Baca juga: Bali Masuk 50 Kota Terbaik Dunia untuk Street Food

Untuk mencoba berbagai makanan bercita rasa Bali kamu bisa berkunjung ke Pasar Senggol yang menyediakan aneka makanan kaki lima atau street food khas Bali.

Pasar Senggol biasanya buka pada malam hari layaknya pasar malam dan mudah ditemui di kabupaten atau kecamatan. 

Beberapa Pasar Senggol terkenal di Bali adalah Pasar Senggol Gianyar, Pasar Senggol Kuta, Pasar Senggol Tabanan, Pasar Senggol Kreneng.

Pasar Senggol bukan cuma terkenal dikalangan warga lokal, melainkan juga di kalangan wisatawan.

Baca juga: Melancong ke Gianyar, Yuk Kunjungi Pasar Senggol

Menurut Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Bali, I Nyoman Nuarta, ia sering mambawa rombongan wisatawan ke Pasar Senggol untuk mencicipi makanan khas Bali.

"Biasanya wisatawan Jepang senang berkunjung di pagi hari dan malam hari, kalau di pagi hari kebanyakan melihat suasana pasar untuk foto-foto dan malam hari kebanyakan wisatawan datang ke pasar untuk makan," jelas Nyoman saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/01/2019).

Nyoman sering membawa wisatawan untuk berburu makanan khas Bali di Pasar Kreneng dan Pasar Kuta. Ia juga mengamati makanan yang paling diburu wisatawan saat berkunjung ke Pasar senggol.

"Makanan Bali yang paling disenangi babi guling, untuk jajanan biasanya klepon, pisang goreng dan jagung rebus," katanya.


Selain makanan tersebut Pasar Senggol juga menghadirkan jajanan pasar khas Bali lainnya seperti, pisang rai, giling-giling, batun bedil, lukis, laklak, bubur sumsum, injin, ketan merah dan ketan putih, nasi Jenggo.

Kabar gembira, jaja (jajan) khas Bali yang dijual di Pasar Senggol biasanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Harga jajanan Bali mulai Rp 2.000. 

Kebanyakan Pasar Senggol buka sejak sore, sekiatr pukul 15.00 sampai 22.00 Wita. 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X