10 Street Food Khas di Singapura, Sudah Pernah Coba Semua?

Kompas.com - 28/10/2019, 22:00 WIB
Street food di Singapura T.Dallas / Shutterstock.comStreet food di Singapura


JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini Singapura dinobatkan sebagai Kota Terbaik Dunia untuk Makanan Jalanan Bagi Wisatawan (The World’s 50 Best Cities For Street Food-Obsessed Travellers) 2019. 

Daftar ini dikelaurkan oleh majalah bisnis CEOWORLD. Pedagang makanan di Singapura umumnya berkumpul di pujasera (food court) yang tersebar di setiap jalan. Harga makanan di pujasera jauh lebih murah ketimbang di restoran. Selain itu pujasera di Singapura juga terkenal bersih. 

Banyaknya imigran yang datang ke Singapura, juga membuat negara ini memiliki beragam jenis makanan khas yang unik. Berikut rekomendasi 10 street food atau makanan jalanan Singapura yang layak dicoba:

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Populer di Singapura


1. Popiah

Popiah Singapura, di Indonesia dikenal dengan lumpia. Dok. Shangri-La Jakarta Popiah Singapura, di Indonesia dikenal dengan lumpia.

Popiah biasa disebut lumpia di Indonesia. Hidangan ini sebenarnya merupakan makanan peranakan dari daerah Fujian, China. Namun berubah sesuai dengan lingkungan dan selera dari setiap daerah.

Baca juga: Mencicipi Lezatnya Popiah dan Epok-Epok di Joo Chiat Road

Misalnya di Singapura isian yang digunakan adalah bengkuang bukan rebung seperti di Semarang. Popiah di Singapura kulitnya tidak digoreng, sedangkan di Indonesia biasa ada pilihan basah (tidak digoreng) atau goreng.

Selanjutnya popiah di Singapura berukuran lebih besar. Menyantapnya biasa dipotong atau dengan bantuan sendok dan garpu. Beda dengan lumpia di Indonesia yang biasa disantap dengan tangan. Kudapan ini juga ada di Filipina dengan nama lumpia.

2. Singapore Chicken Rice

Singapore Chicken RiceAlbert Supargo Singapore Chicken Rice

Metode memasak makanan ini didapat dari Hainan yang diadaptasi oleh orang Singapura. Ayam direndam dalam air mendidih atau direbus sampai matang sepenuhnya. Sebelum direbus, ayam dimasukan terlebih dulu ke air dingin.

Baca juga: Nasi Hainan, Nasi Gurih Khas Singapura yang Menggugah Selera

Orang lokal percaya, metode ini dapat membuat daging menjadi empuk. Semua jenis makanan di atas dapat kamu temukan di tempat makan lokal di Singapura yang disebut dengan nama Hawker Center.

Biasanya, kamu dapat menemukan tempat ini di setiap pujasera Singapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X