Suka Deg-degan Saat Minum Kopi? Ini Cara Mencegahnya...

Kompas.com - 30/10/2019, 08:38 WIB
Ilustrasi Eldoradosupervector/ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi merupakan salah satu minuman yang dicintai banyak orang di dunia. Tidak hanya rasanya yang khas dengan aroma yang kuat, kopi telah menjadi bagian dari budaya pagi di kehidupan sebagian orang.

Walaupun memiliki antusisasme yang sama besarnya, tetapi reaksi penikmat kopi setelah meneguk secangkir kopi bisa berbeda-beda.

Baca juga: 7 Merek Es Kopi Susu Terkenal di Jakarta, Mana Favoritmu?

Beberapa orang sengaja minum kopi guna meningkatkan "stamina" pada pagi hari. Namun beberapa orang merasakan sensasi berdebar setelah minum kopi.

“Bagi peminum kopi yang merasa deg-degan saat meminum kopi, dapat mensubstitusi dengan decaf,” ujar Michael Dharmawan, Co-Founder Koffie Nation, sebuah kedai kopi di Jakarta, kepada Kompas.com, beberapa waktu yang lalu.

Michael juga menambahkan reaksi berdebar muncul karena tubuh belum bisa menerima kafein atau mengonsumsi lebih dari batas.

Jenis biji kopi juga memengaruhi proses ini. Kebanyakan orang lebih sensitif terhadap kopi jenis robusta dibanding Arabica.

Ia juga menambahkan untuk pemula, minum kopi yang dicampur susu akan lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga mengurangi peluang jantung berdebar.

Kafein membuat berdebar

Dilansir dari eatcultured.com, biji kopi mengandung banyak molekul kompleks seperti senyawa kimia kafein dan asam klorogenat asam, pyrogallol, N-alkanoil-hidroksi triptamida dan katekol.

Bahan kimia ini secara alami diproduksi oleh tanaman kopi dan memiliki berbagai fungsi.

Kafein adalah mekanisme pertahanan alami tanaman kopi, yang diproduksi oleh enzim N-methyltransferase yang bermutasi, biasanya ditemukan di sebagian besar tanaman.

Kafein larut ke dalam tanah di sekitarnya ketika daun-daun dari tanaman jatuh dan terurai menjadi tanah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber eatculture
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X