Perahu Jong, Uniknya Permainan Tradisional dari Kepulauan Riau

Kompas.com - 30/10/2019, 10:03 WIB
Perahu Jong merupakan permainan tradisional masyarakat pulau terdepan yang ada di pesisir Kepulauan Riau (Kepri). Tidak saja sebagai permainan tradisional, perahu Jong juga termasuk olahraga. KOMPAS.COM/HADI MAULANAPerahu Jong merupakan permainan tradisional masyarakat pulau terdepan yang ada di pesisir Kepulauan Riau (Kepri). Tidak saja sebagai permainan tradisional, perahu Jong juga termasuk olahraga.

 TANJUNGPINANG, KOMPAS.comPerahu Jong merupakan permainan tradisional masyarakat pulau terdepan yang ada di pesisir Kepulauan Riau (Kepri).

Tidak saja sebagai permainan tradisional, perahu Jong juga termasuk olahraga.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar mengatakan perahu Jong merupakan permainan tradisional dan olahraga masyarakat kepulauan dan pesisir yang sudah berumur puluhan tahun.

Baca juga: Perlombaan Tradisional Perahu Jong Digelar di Bintan

Bahkan permainan ini hanya bisa dijumpai di pulau-pulau yang ada di Kepri.

"Untuk melestarikannya Dispar Kepri kerap melakukan event perlombaan perahu Jong," kata Buralimar melalui telepon, Jumat (18/10/2019).

Buralimar mengatakan perahu Jong merupakan olahraga kearifan lokal, sehingga harus terus dipopulerkan agar tidak tergerus oleh zaman.

Perahu Jong merupakan permainan tradisional masyarakat pulau terdepan yang ada di pesisir Kepulauan Riau (Kepri). Tidak saja sebagai permainan tradisional, perahu Jong juga termasuk olahraga.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Perahu Jong merupakan permainan tradisional masyarakat pulau terdepan yang ada di pesisir Kepulauan Riau (Kepri). Tidak saja sebagai permainan tradisional, perahu Jong juga termasuk olahraga.
"Jangan sampai olahraga yang bersumber dari permaianan rakyat ini hilang ditelan masa, caranya agar terus berkembang adalah dengan mengadakan perlombaan ini setiap tahun," jelasnya.

Olahraga yang mengandalkan tenaga angin tersebut terus mengalami peningkatan luar biasa setiap tahunnya.

Hanya saja terkadang terkendala waktu, sehingga tidak bisa digelar pada waktu yang sudah direncanakan.

Baca juga: Ada Apa di Kolam Air Laut Pulau Bintan?

"Karena mengandalkan kekuatan angin, makanya perlombaan perahu Jong ini harus disesuaikan dengan musim angin utara biasanya," paparnya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X