Share this page

Wisata Anti Mainstream ke Pasar Burung Splendid

Kompas.com - 31/Oct/2019 , 07:08 WIB

Wisata Anti Mainstream ke Pasar Burung Splendid

KOMPAS.com - Tempat yang selalu ramai di Kota Malang adalah Pasar Burung Splendid. Semua orang, khususnya yang tinggal dekat wilayah itu, pasti mengenal pasar yang tidak jauh dari Balai Kota Malang itu.

Lokasinya terletak sekitar 200 meter sebelah Barat Alun-Alun Tugu Malang. Untuk menuju ke sana, pengunjung dapat melalui Jalan Tumapel yang berada di sebelah Selatan Splendid Inn, hotel yang terhitung cukup tertua di kota Apel tersebut.

Tempat itu, merupakan tempat untuk melakukan transaksi jual beli burung, ikan hias, kucing, kelinci, ataupun bunga hias. Saat ini memang lebih banyak dikunjungi warga lokal, tetapi tak jarang juga loh wisatawan yang datnag. 

Sobat Pesona juga bisa ke sini dan rasakan wisata anti-mainstream di tempat ini.

Tahun 1970-an

Dahulu, sebelum namanya berubah menjadi Pasar Burung, Splendid masih dikenal sebagai tempat wisata kuliner tradisional dan terseru di malam hari.

Di sana ada banyak kios makanan dan minuman. Bahkan, tempat tersebut menjadi jujugan warga Malang yang ingin mencari kue-kue khas, seperti kue putu, gorengan, martabak dan kacang rebus.

Pasar Burung splendid di Kota malang dahulu bernama Pasar Senggol.https://pesona.travel Pasar Burung splendid di Kota malang dahulu bernama Pasar Senggol.

Tahun 1970-an, sebelum nama yang sekarang dikenal, tempat itu disebut sebagai Pasar Senggol Malang.

Seperti namanya, pengunjung yang mau ke sini harus berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Kata Senggol merupakan ungkapan Jawa yang artinya berdesak-desakan.

Nah, di zaman itu, pasar baru dibuka pukul 16.00. Akan tetapi, kian lama, pasar ini berubah fungsi sebagai sentra jual beli berbagai jenis burung, ikan hias dan bunga-bunga atau tanaman.

Aktivitas pasar burung Splendid bahkan saat ini selalu ramai sejak pukul 07.00 hingga pukul 20.00.

Pengunjungnya tak  hanya pembeli burung saja, turis asing pun tertarik untuk datang ke pasar ini.

Selain sebagai tempat untuk berjalan kaki, mereka kagum dengan berbagai jenis burung yang ditawarkan penjualnya. Ada juga bunga, burung, ikan, beserta perlengkapannya seperti pot bunga, akuarium, hingga sangkar burung.

Kenapa selalu ramai, ssst seluruh yang dijual  di sana dihargai lebih murah dibandingkan di tempat lain.

Baca artikel lainnya:

Belanja di Tempat Mendaratnya Angsa Kerajaan, Pasar Angso Duo

Sate Daging Kelapa di Pasar Genteng, Surabaya

Fakta Unik dari Pasar Jibama Papua

Telusuri destinasi wisata lain yang tak kalah menarik di Tanah Air. Seluruh informasinya bisa didapatan di dalam laman Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya