Melihat Mobil Ford di Wisma Menumbing, Transportasi Bung Hatta di Muntok

Kompas.com - 31/10/2019, 21:00 WIB
Wisatawan melihat mobil yang digunakan untuk mengantarkan rombongan Mohammad Hatta saat diasingkan ke Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Mobil yang bermerek Ford Deluxe 8 dan berplat BN 10 itu merupakan mobil pinjaman dari perusahaan timah Banka Tin Winning. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOWisatawan melihat mobil yang digunakan untuk mengantarkan rombongan Mohammad Hatta saat diasingkan ke Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Mobil yang bermerek Ford Deluxe 8 dan berplat BN 10 itu merupakan mobil pinjaman dari perusahaan timah Banka Tin Winning.

BANGKA, KOMPAS.com - Sekitar 70 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 22 Desember 1948, para pemimpin bangsa Indonesia termasuk Mohammad Hatta tiba di Pangkal Pinang, Bangka.

Mereka terbang ke Pangkal Pinang menggunakan pesawat B-25, salah satu pesawat pengebom milik Belanda lalu mendarat di Bandara Depati Amir yang dulu bernama Bandara Kampung Dul.

Empat orang pemimpin bangsa yang tiba di Pangkal Pinang yaitu Soekarno (Presiden), Mohammad Hatta (Wakil Presiden), Sutan Sjahrir (mantan Perdana Menteri), Agus Salim (Menteri Luar Negeri), RS Soerjadarma (Kepala Staf Angkatan Udara), MR Asaat (Ketua Komite Nasional Indonesia Pusat/KNIP), dan AG Pringgodigdo (Menteri Sekretaris Negara).

Baca juga: Melongok Bekas Penjara Bung Hatta di Wisma Menumbing

Sementara, Soekarno, Sjahrir, dan Agus Salim melanjutkan penerbangan menuju pengasingan di Brastagi, Sumatera Utara.

Dari sebuah bandara kecil di tengah kampung itu, Bung Hatta, Soerjadarma, Asaat, dan Pringgodigdo melanjutkan perjalanan ke Wisma Menumbing di Muntok, Bangka Barat dengan sebuah mobil.

Mobil bermerek mobil Ford Deluxe 8 bercat hitam kusam dengan kondisi agak mengelupas terparkir di sebuah sudut ruangan di Wisma Menumbing, Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Mobil Ford berplat BN 10 merupakan mobil yang digunakan untuk mengantarkan Mohammad Hatta ke rumah pengasingan di Muntok.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Mobil bermerek mobil Ford Deluxe 8 bercat hitam kusam dengan kondisi agak mengelupas terparkir di sebuah sudut ruangan di Wisma Menumbing, Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Mobil Ford berplat BN 10 merupakan mobil yang digunakan untuk mengantarkan Mohammad Hatta ke rumah pengasingan di Muntok.

Kini, mobil yang membawa rombongan Bung Hatta disimpan di Wisma Menumbing. Mobil itu bermerek mobil Ford bercat hitam kusam dengan kondisi agak mengelupas terparkir di sebuah sudut ruangan di Wisma Menumbing.

Di bagian plat nomor, tertulis BN 10. Satu sisi kaca di bagian belakang mobil  sudah tak ada alias bolong.

Seluruh ban terlihat kempes. Di beberapa bagian mobil seperti bemper, berkarat.

Baca juga: Bersebelahan, Masjid dan Kelenteng Ini Jadi Simbol Toleransi Kota Muntok

Mobil Ford itu terletak tak jauh dari pintu masuk bangunan utama Wisma Menumbing. Mobil itu menjadi salah satu bagian koleksi yang dipamerkan di Wisma Menumbing.

"Mobil ini dulu dipakai untuk mengantarkan Bung Hatta ketika diasingkan di Muntok setelah mendarat di Pangkal Pinang," kata pemandu wisata di Wisma Menumbing, Yulius Tiranda beberapa waktu lalu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X