Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Kereta ke Semarang, Surabaya, Kutoarjo Kini Bisa dari Stasiun Bekasi

Kompas.com - 31/10/2019, 22:00 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA,KOMPAS.com - Per 1 November PT KAI Daop 1 Jakarta kembali membuka jalur baru guna meningkatkan pelayanan kepada para calon penumpang KA jarak jauh dari Stasiun Bekasi ke Semarang, Surabaya, dan Kutoarjo.

Baca juga: Jalur Ganda Kereta Api Jombang - Baron Nganjuk Siap Dioperasikan

KA jarak jauh dengan keberangkatan awal dari Stasiun Jakarta Kota juga akan berhenti melayani keberangkatan penumpang dari Stasiun Bekasi.

Adapun tiga KA tersebut adalah KA Kutojaya Utara (relasi Jakarta Kota - Kutoarjo) berangkat dari Jakarta Kota pukul 05.10 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 05.48 WIB.

Yang kedua adalah jalur KA Jayakarta Premium (relasi Jakarta Kota - Surabaya Gubeng) berangkat dari Jakarta Kota pukul 13.05 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 13.44 WIB.

Lalu ada KA Menoreh (relasi Jakarta Kota - Semarang Tawang) berangkat dari Jakarta Kota pukul 19.00 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 19.38 WIB.

Baca juga: Jalan Rusak Bertahun-tahun Tak Diperbaiki, Warga Tanam Pohon Pisang

Penumpang yang berdomisili di daerah Bekasi, sekarang tidak perlu repot-repot untuk datang ke Stasiun Jakarta Kota untuk berangkat ke 3 daerah tersebut.

“Dengan diterapkannya inovasi ini, diharapkan dapat memudahkan akses bagi para calon penumpang yang akan menggunakan KA-KA tersebut," ujar Eva Chairunisa, Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/10/2019).

Eva mengatakan penumpang yang berdomisili di daerah Bekasi, tidak perlu repot-repot untuk datang ke Stasiun Jakarta Kota. Penumpang cukup naik dari Stasiun Bekasi saja,

Stasiun Bekasi sendiri telah menyiapkan petugas dan fasilitas untuk melayani pemberangkatan tiga KA jarak jauh tersebut, diantaranya 1 loket Go Show, 1 loket pembatalan, 2 loket pemesanan.

Selain itu, ada juga 4 unit mesin Check In Counter (2 unit di sisi utara dan 2 unit di sisi selatan), ruang tunggu KA jarak jauh berkapasitas 160 orang, dan kursi di peron 4 yang mampu menampung 128 orang.

Selain datang langsung ke stasiun, para calon penumpang juga bisa melakukan reservasi tiket melalui website kai.id dan aplikasi Kai Access, serta channel eksternal yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com