Kompas.com - 01/11/2019, 14:00 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Menyantap durian, bagi pencinta buah satu ini selalu menyenangkan. Namun satu hal yang terbilang sulit yaitu memilih buah durian. 

Syukur bila memilih durian untuk makan di tempat dan ada garansi manis dari penjual. Jika tidak, memilih buah durian layaknya peribahasa bagai membeli kucing dalam karung, tak tahu apakah buah yang dipilih bagus dan legit. 

Penjual durian di Sentra Kuliner Durian Kalibata berbagai cara untuk memilih durian yang enak. Saat Kompas.com berkunjung Selasa (15/10/2019) pukul 11.00 WIB, Sentra Durian Kalibata masih sepi pengunjung lantaran hari kerja.

Paul menunjukkan buah durian yang sudah dibelahnya kepada pembeli. Ia menunjukkan juga cara membelah durian yang benar.Nicholas Ryan Aditya Paul menunjukkan buah durian yang sudah dibelahnya kepada pembeli. Ia menunjukkan juga cara membelah durian yang benar.

Beruntung, Kompas.com berhasil mendapat bocoran dari penjual durian di Sentra Durian Kalibata yaitu Paul (30) asal Banten, dan Diroh (45) asal Pekalongan. Kedua pedagang beda gerai itu sama-sama sudah menjual durian lebih dari 10 tahun di Kalibata.

Baca juga: 5 Tips Berburu Durian di Sentra Kuliner Durian Kalibata

Simak tips memilih durian yang enak dan manis dari Paul dan Diroh berikut ini:

1. Jangan Lihat Warnanya Tapi Lihat Bentuk Lonjongnya

Fisiknya yang berwarna hijau, kuning, hingga kecoklatan. Masing-masing warna buah belum tentu merepresentasikan kualitas durian.

Warna hijau tak selalu belum matang. Begitu juga warna kuning belum tentu telah matang. Paul dan Diroh sama-sama mengatakan bahwa durian lokal atau yang tumbuh di Indonesia yang berwarna hijau itu telah matang.

“Cuman kan memang ada beda warna buah, khususnya Musang King kan warnanya biasanya kuning buahnya seperti oranye,” ujar Diroh pedagang asal Pekalongan ini.

Namun Paul menambahkan, jika ingin melihat fisik durian, carilah yang bentuknya lonjong.

“Yang lonjong biasanya tuh yang bagus, kalau warna gak tentu, tergantung pohonnya, kalau rasa sih sama aja,” kata Paul kepada Kompas.com, Selasa (15/10/2019).

Diroh (45), salah satu pedagang durian di Sentra Durian Kalibata, Jakarta Selatan, setia menunggu pembeli yang datang. Menurutnya, pembeli biasanya datang ramai pada akhir pekan.Nicholas Ryan Aditya Diroh (45), salah satu pedagang durian di Sentra Durian Kalibata, Jakarta Selatan, setia menunggu pembeli yang datang. Menurutnya, pembeli biasanya datang ramai pada akhir pekan.

2. Bunyi Durian

Kamu juga harus perhatikan bunyi durian ketika hendak membelinya. Jika durian berbunyi ‘mendem’ berarti itulah durian yang siap untuk kamu makan.

Sedangkan jika berbunyi kencang ketika dipukul, berarti durian tersebut masih belum matang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.