6 Curhat Para Awak Kabin untuk Penumpang Pesawat

Kompas.com - 01/11/2019, 21:00 WIB
Jadi seorang awak pesawat akan sangat melelahkan, apalagi jika para penumpang tidak tahu keenam hal ini Jadi seorang awak pesawat akan sangat melelahkan, apalagi jika para penumpang tidak tahu keenam hal ini

KOMPAS.COM - Rasa stres yang seringkali diderita saat harus naik pesawat biasanya jadi makanan sehari-hari bagi awak pesawat dan para penumpang lainnya.

Hal itu sering jadi alasan bagi sebagian orang untuk tidak berlaku sopan pada orang di sekelilingnya.

Para awak pesawat khususnya, mungkin tidak akan bicara apapun soal itu. Tak terkecuali enam awak pesawat yang akan mencurahkan isi hati yang sangat ingin mereka katakan pada para penumpang.

Namun, hal itu tak bisa dilakukan  tidak bisa karena alasan profesionalitas yang harus dijaga. Dilansir dari scmp.com, keenam awak pesawat ini meminta untuk dirahasiakan identitasnya agar tak mengalami masalah di pekerjaannya.

Baca juga: Apakah Kita Boleh Sembarangan Duduk di Dekat Pintu Darurat Pesawat?

1. Perlakukanlah orang lain seperti kamu mau diperlakukan

“Kami juga mau take off sesuai jadwal. Kita semua akan menuju ke tempat yang sama. Kita pun akan berangkat di waktu yang sama. Aku rasa orang-orang seringkali terburu-buru,” kata seorang awak pesawat di United Airlines.

“Sedikit kesabaran dan kebaikan nantinya pasti akan punya balasan yang luar biasa, kok.”

2. Jangan berjalan di lorong tanpa sepatu

“Sepertinya orang-orang tak sadar betapa kotornya pesawat,” kata seorang awak pesawat dari PSA Airlines.

Menurutnya, awak pesawat memang mengambil sampah-sampah selama pergantian penerbangan. Namun, pesawat hanya dibersihkan secara menyeluruh sekali dalam sehari.

Baca juga: Cari Udara Segar, Penumpang Pesawat Ini Malah Buka Pintu Darurat

3. Sedikit pengertian akan sangat membantu

“Jangan terlalu keras pada kami,” kata seorang awak pesawat dari United Airlines. “Cobalah untuk berbelas kasih pada kami karena kami pun berusaha untuk berbelas kasih pada kalian.”

4. Kekuatan meramal tidak termasuk dalam job description

“Kami bukan pembaca pikiran,” kata seorang awak pesawat dari Alaska Airlines.

“Mungkin kami memang enggak tahu bagaimana melayani seseorang dengan tepat secara individual, dan kami pun enggak bisa mendesain tiap layanan secara eksklusif untuk tiap orang, dan kayaknya orang-orang lupa soal itu.”

Baca juga: Karena Sempit, Penumpang Ini Naikkan Kaki ke Dinding Kabin Pesawat

5. Bertanggung jawab untuk keputusan jadwal sendiri

“Aku hanya ingin bilang ke penumpang untuk lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri,” kata seorang awak pesawat untuk American Airlines.

“Bertanggung jawab untuk diri sendiri. Kamu sudah pesan penerbangan ke sini, dan kamu cuman ngasih waktu 20 menit aja untuk pergi ke penerbangan selanjutnya. Coba deh lebih bertanggung jawab.”

6. Kami sama enggak tahunya dengan kamu perihal landing

“Jangan tanya kami apakah pesawat bakal delay atau enggak. Karena aku pun enggak tahu,” kata seorang awak pesawat untuk Piedmont Airlines.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X