Makin Nyaman, Ini Berbagai Fasilitas Terminal Pulo Gebang

Kompas.com - 02/11/2019, 09:36 WIB
Tampak bus-bus yang tengah menunggu keberangkatan di Gedung C Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (1/11/2019). Nicholas Ryan AdityaTampak bus-bus yang tengah menunggu keberangkatan di Gedung C Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (1/11/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com – Turis asing menilai Terminal Terpadu Pulo Gebang bersih dan nyaman. Demikian tanggapan Peter dan Teresa, pasangan turis asal Jerman yang berada di terminal ini, Jumat (1/11/2019).

Baca juga: Kata Turis Asing soal Terminal Pulogebang, Bersih dan Mirip Bandara

Seperti termuat dalam Instagram resmi @terminalterpadupulogebang, metode pengenalan terminal terhadap warga negara asing akan terus disosialisasikan mengingat banyak sekali para backpacker dari luar negeri yang berdatangan untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan moda transportasi umum.

“Bersih, sangat bersih, saya kira ini banyak penandanya juga jadi kami tidak kebingungan, saya juga sudah tahu kalau di sini sudah bisa pakai tiket online,” kata Peter.

Lantas seperti apa fasilitas dan ruangan yang ada di terminal yang diresmikan tahun 2016 lalu ini.

Pantauan Kompas.com terdapat beberapa fasilitas dan ruangan penunjang kenyamanan untuk semua penumpang, baik penumpang asal luar kota, maupun mancanegara.

Kepala UP Terminal Pulo Gebang, Ismanto dan staf terminal, Saka dan Poltak menemani Kompas.com untuk menjelajahi setiap sudut terminal yang digadang-gadang mirip bandara ini.

Ruangan pertama yang ditunjukkan adalah ruang IT SIGOBANG (Sistem Integrasi Pulo Gebang) yang berada di Gedung C lantai 4.

Lantai ini diperuntukkan sebagai tempat atau kantor terminal, ruang IT SIGOBANG, dan Ruang CCTV.

Menurut Kepala Terminal, Ismanto, ruangan ini berfungsi untuk mengatur jalannya e-ticketing di terminal. Meski belum 100 persen, namun sistem ini sudah bisa dioperasikan.

Sistem Integrasi Pulo Gebang (SIGOBANG), sudah bisa dinikmati calon penumpang. Kini penumpang tak usah bingung membeli tiket online, lewat SIGOBANG calon penumpang bisa membeli tiket bus secara online, namun hanya untuk beberapa bus.Nicholas Ryan Aditya Sistem Integrasi Pulo Gebang (SIGOBANG), sudah bisa dinikmati calon penumpang. Kini penumpang tak usah bingung membeli tiket online, lewat SIGOBANG calon penumpang bisa membeli tiket bus secara online, namun hanya untuk beberapa bus.

“Ini SIGOBANG, udah bisa dicoba kok, di supermarket, jadi nanti penumpang bisa beli tiket online di sana, nah sistem ini yang ngatur," jelas Ismanto kepada Kompas.com, Jumat (1/11/2019).

"Kami ingin rubah sistem manual membeli tiket bus, kan sekarang orang inginnya cepat, milenial khususnya. Tapi baru bisa jalan di beberapa PO aja, belum semua,” jelas Ismanto kepada Kompas.com, Jumat (1/11/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X