Jangan Salah Pesan di Kedai Kopi, Ini 9 Jenis Minuman Espresso Based

Kompas.com - 02/11/2019, 13:18 WIB
Ilustrasi By Aleksandrs Muiznieks/ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Latte, cappuccino, moka. Istilah-istilah ini sering kamu dengar saat mengunjungi kafe atau kedai kopi sekitarmu.

Baca juga: Bingung Berbagai Jenis dan Istilah Kopi di Kafe? Simak Panduan Ini

Istilah-istilah ini kerap kali membuat bingung orang-orang yang baru ingin mencoba kopi. Semua minuman ini sebenarnya diracik dari bahan yang sama. Biar kamu tidak bingung, berikut penjelasannya:

Espresso Based

Kata-kata ini seringkali muncul di menu kedai kopi di Indonesia. Biasanya, kata-kata ini digunakan untuk mengelompokkan beberapa macam minuman.

Namun, apa sebenarnya maksud dari kata-kata ini?

Espresso Based atau semua jenis minuman yang berbahan dasar espresso. Espresso sendiri adalah kopi yang diseduh dengan melibatkan tekanan dari mesin espresso.

Air panas yang dipaksakan melalui hamparan kopi yang digiling halus menghasilkan kopi yang kental yang berbau tajam.

Segala jenis minuman berbasis espresso biasanya berbagi dalam tiga bahan yang sama, yakni espresso, susu panas (steam milk), dan busa susu (milk foam).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X