Kompas.com - 02/11/2019, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hiruk pikuk kota terkadang membuat penat. Tak heran, orang-orang sering kali berlindung di kedai kopi untuk mencari ketenangan.

Baca juga: Bingung Berbagai Jenis dan Istilah Kopi di Kafe? Simak Panduan Ini

Untuk beberapa orang, kehidupan di balik meja bar kedai kopi dapat menyita perhatian mata. Gerakan layaknya tari yang dilakukan barista di belakang mesin espresso tidak jarang mengundang keinginan pengunjung untuk mencobanya.

Ingin mencoba menyeduh kopi ala barista sambil belajar dasar-dasar kopi? Saat ini sudah ada beberapa tempat yang menyediakan kelas dasar barista dan kopi, salah satunya Koffie Nation

Baca juga: Cerita Barista yang Menyajikan Kopi untuk Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno

Pada hari Selasa (22/10/2019), Koffie Nation mengajak kami untuk mengikuti kelas yang dinamai Fun Brew. Kelas dengan durasi dua jam ini dibawakan langsung oleh Michael Darmawan, selaku Founder dari Koffie Nation.

Kelas diawali dengan sejarah kopi, Michael menjelaskan sejarah ditemukannya toko kopi dan dari mana kopi itu berasal.

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan pola distribusi kopi dari abad ke-16 lengkap dengan petanya. Setelah itu, ia menjelaskan serba-serbi pohon kopi, diikuti dengan informasi dasar tentang cara panen dan proses biji kopi.

Kelas Fun Brew yang dibawakan oleh Michael Darmawan di Koffie Nation yang beralamat di Epiwalk Mal, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019)KOMPAS.COM/ALBERT SUPARGO Kelas Fun Brew yang dibawakan oleh Michael Darmawan di Koffie Nation yang beralamat di Epiwalk Mal, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019)
Ternyata, gelap terang kopi yang disangrai mempengaruhi rasa kopi itu sendiri. Kata-kata ini Michael ucap sambil memberikan contoh kopi yang disangrai. Tidak lupa Michael menjelaskan perbedaan jenis kopi Arabika dan Robusta.

Setelah menjelaskan serba-serbi tentang kopi, Michael beralih ke teknik penyeduhan kopi ala barista. Ia menjelaskan serba-serbi tentang espresso, mulai dari gramasi, rasa, dan pemahaman tentang ekstaksi.

Ia juga menjelaskan perbedaan dari minuman-minuman yang ada di toko kopi, seperti Latte dan Cappuccino.

Kelas ditutup dengan praktik membuat Latte dan Cappuccino mengunakan mesin espresso.

Baca juga: Jangan Salah Pesan di Kedai Kopi, Ini 9 Jenis Minuman Espresso Based

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.