Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jadi Barista? Kedai Kopi Ini Tawarkan Kelas Kopi Fun Brew

Kompas.com - 02/11/2019, 14:01 WIB
Albert Supargo,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hiruk pikuk kota terkadang membuat penat. Tak heran, orang-orang sering kali berlindung di kedai kopi untuk mencari ketenangan.

Baca juga: Bingung Berbagai Jenis dan Istilah Kopi di Kafe? Simak Panduan Ini

Untuk beberapa orang, kehidupan di balik meja bar kedai kopi dapat menyita perhatian mata. Gerakan layaknya tari yang dilakukan barista di belakang mesin espresso tidak jarang mengundang keinginan pengunjung untuk mencobanya.

Ingin mencoba menyeduh kopi ala barista sambil belajar dasar-dasar kopi? Saat ini sudah ada beberapa tempat yang menyediakan kelas dasar barista dan kopi, salah satunya Koffie Nation

Baca juga: Cerita Barista yang Menyajikan Kopi untuk Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno

Pada hari Selasa (22/10/2019), Koffie Nation mengajak kami untuk mengikuti kelas yang dinamai Fun Brew. Kelas dengan durasi dua jam ini dibawakan langsung oleh Michael Darmawan, selaku Founder dari Koffie Nation.

Kelas diawali dengan sejarah kopi, Michael menjelaskan sejarah ditemukannya toko kopi dan dari mana kopi itu berasal.

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan pola distribusi kopi dari abad ke-16 lengkap dengan petanya. Setelah itu, ia menjelaskan serba-serbi pohon kopi, diikuti dengan informasi dasar tentang cara panen dan proses biji kopi.

Kelas Fun Brew yang dibawakan oleh Michael Darmawan di Koffie Nation yang beralamat di Epiwalk Mal, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019)KOMPAS.COM/ALBERT SUPARGO Kelas Fun Brew yang dibawakan oleh Michael Darmawan di Koffie Nation yang beralamat di Epiwalk Mal, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019)
Ternyata, gelap terang kopi yang disangrai mempengaruhi rasa kopi itu sendiri. Kata-kata ini Michael ucap sambil memberikan contoh kopi yang disangrai. Tidak lupa Michael menjelaskan perbedaan jenis kopi Arabika dan Robusta.

Setelah menjelaskan serba-serbi tentang kopi, Michael beralih ke teknik penyeduhan kopi ala barista. Ia menjelaskan serba-serbi tentang espresso, mulai dari gramasi, rasa, dan pemahaman tentang ekstaksi.

Ia juga menjelaskan perbedaan dari minuman-minuman yang ada di toko kopi, seperti Latte dan Cappuccino.

Kelas ditutup dengan praktik membuat Latte dan Cappuccino mengunakan mesin espresso.

Baca juga: Jangan Salah Pesan di Kedai Kopi, Ini 9 Jenis Minuman Espresso Based

Michael akan mengajarkan secara langsung, langkah-langkah pembuatan dua minuman ini. Semua peserta kelas, dapat mencoba membuat Latte dan Cappucino sendiri dengan arahan dari Michael.

Demo teknik penuangan susu ke espresso oleh Michael DarmawanKOMPAS.COM/ALBERT SUPARGO Demo teknik penuangan susu ke espresso oleh Michael Darmawan

Selain kelas Fun Brew, Koffie Nation juga mengelar beberapa kelas lainnya. Ada kelas Fundamental Barista Course, peserta akan dilatih dan dibekali pengetahuan dasar seorang barista dalam 8X4 hari.

Ada Fundamental To Manual Brewing Course, peserta akan dibekali pengetahuan dasar tentang pola seduh manual tanpa mesin dalam 8X5 hari. Selain kedua kursus di atas, ada juga kelas sangrai kopi dan kelas cupping.

Semua aktivitas ini, digelar di ruang kelas tertutup yang berada di Lantai Dasar Unit W 149, Kompleks Taman Rasuna, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Suka Deg-degan Saat Minum Kopi? Ini Cara Mencegahnya...

Selain kelas, Koffie Nation juga merupakan kedai kopi. Pengunjung dapat menemukan biji kopi Nusantara maupun mancanegara.

Beberapa varian makanan berserta minuman coffee maupun non coffee, disediakan mulai dari harga Rp 20.000 sampai Rp 85.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com