Terminal 3 Soetta, dari Kebanjiran hingga Robot Pembersih Lantai

Kompas.com - 04/11/2019, 09:15 WIB
Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3, 2018. Angkasa Pura IIBandara Soekarno-Hatta Terminal 3, 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan Terminal 3 menjadi salah satu dukungan bagi Bandara Soekarno-Hatta ( Soetta) agar bisa menjadi terbaik di dunia versi Skytrax tahun 2020.

Sejak didirikan tahun 2016, kawasan Terminal 3 memiliki predikat terbesar dibanding dua terminal penumpang lainnya, Yyaitu Terminal 1 dan 2.

Berdiri dengan arsitektur berbeda dari lainnya, Terminal 3 dilengkapi berbagai fasilitas menarik yang lebih memudahkan para pengunjung.

Baca juga: Jalan Panjang Bandara Soekarno-Hatta untuk Jadi Bandara Terbaik Dunia

Namun, di balik itu semua, Terminal 3 Bandara Soetta mempunyai catatan sejarah sendiri sejak diresmikan beberapa tahun silam.

Tak lama setelah diresmikan, misalnya, Terminal 3 pernah dilanda banjir pada Minggu, 14 Agustus 2016. Banjir disebabkan saluran yang tersumbat kotoran saat hujan deras.

Peristiwa serupa terulang pada Oktober 2017. Beberapa area terminal tampak digenangi air akibat hujan deras yang melanda. Atap di tempat tersebut juga tampak bocor.

Kejadian itu pun sempat viral di media sosial dalam sebuah video pendek yang memperlihatkan air mengalir dari salah satu sudut atap yang bocor.

Baca juga: Talang Air Pecah Sebabkan Kebocoran di Terminal 3 Soekarno-Hatta

Beruntung, selama beberapa tahun beroperasi, PT Angkasa Pura II sebagai pihak pengelola Terminal 3 berhasil melakukan berbagai perbaikan di berbagai lini.

Mulai dari rampungnya arsitektur hingga tidak ada lagi cerita kebocoran ketika hujan deras datang.

Tampak isi hotel kapsul di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (3/8/2018). Hotel kapsul pertama di bandara-bandara Indonesia ini akan dioperasikan 10 Agustus 2018 mendatang dengan rate Rp 250.000 untuk enam jam dan Rp 375.000 untuk satu malam.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Tampak isi hotel kapsul di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (3/8/2018). Hotel kapsul pertama di bandara-bandara Indonesia ini akan dioperasikan 10 Agustus 2018 mendatang dengan rate Rp 250.000 untuk enam jam dan Rp 375.000 untuk satu malam.
Tidak hanya itu, fasilitas yang disediakan pun semakin beragam. Salah satunya adalah tersedianya Digital Airport Hotel atau Hotel Kapsul Bandara pertama di Indonesia.

Hotel kapsul ini bisa kamu temukan di Terminal 3 Domestik di lantai 1 area kedatangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X