Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Repot Bawa Bagasi, Bisa Bikin Stres Saat di Bandara

Kompas.com - 04/11/2019, 13:10 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Traveling tanpa memanfaatkan fasilitas bagasi terdaftar bisa jadi cara paling gampang untuk menghemat uang kamu.

Apalagi sekarang ini makin banyak maskapai penerbangan yang menetapkan tarif tambahan untuk bisa menggunakan fasilitas bagasi terdaftar.

Namun, hal ini tidak hanya untuk menghemat uang. Kamu juga bisa menghindari salah satu tahap yang paling bikin stres saat traveling, yaitu pengambilan bagasi.

Dilansir dari LonelyPlanet.com, survei yang dilakukan Priority Pass terhadap 1.720 orang menemukan bahwa sekitar 49 persen responden mengaku pengambilan bagasi membuat stres.

Tahapan itu jadi penyebab stres paling tinggi dari semua aktivitas yang dilakukan di bandara.

Baca juga: Kelebihan Bagasi, Perempuan Ini Pakai Tiga Celana dan 5 Kemeja Seberat 2,5 Kg

Setelah pengambilan bagasi, tahapan lain yang bikin stres banget adalah melewati pihak keamanan dan menunggu transfer penerbangan yang dialami oleh 47 persen responden.

Selain segala aktivitas yang harus kamu lalui di bandara, biasanya seseorang harus melakukan persiapan terlebih dahulu.

Menurut riset yang sama, sekitar 63 persen responden mengaku bahwa stres sudah mereka alami bahkan sebelum sampai di bandara.

Mereka mengaku mengalami stres tinggi ketika terjebak macet dalam perjalanan ke bandara. Selanjutnya, sebanyak 61 persen responden mengaku stres berat kalau mereka mengalami kehilangan bagasi.

Selain itu, ada juga 57 persen responden yang mengaku stres banget karena takut kehilangan paspor atau ketinggalan boarding.

Baca juga: Seputar Tarif Bagasi Pesawat di Indonesia dan Tips Menghemat Biaya Tambahan

Namun, semua kekhawatiran di atas tidak selamanya terjadi. Hanya sekitar 6 persen responden yang mengaku pernah kehilangan paspor. Sebagian besar di antaranya adalah para traveler pebisnis.

Sisanya, para traveler kerap telanjur membawa terlalu banyak barang, dengan 19 persen responden yang pernah mengalami overweight bagasi atau membawa bagasi yang kelebihan.

Kalau kamu gimana? Apa pernah mengalami beberapa hal di atas? Mungkin itu bisa jadi cukup alasan untuk kamu beralih membawa sedikit barang alias carry-on yang bisa kamu masukkan ke kabin pesawat saja.

Selain lebih hemat, mungkin bisa mengurangi sedikit stres yang kamu alami selama di bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com