Kompas.com - 04/11/2019, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara ke Kalimantan Selatan (Kalsel), maka digelar 32 event pariwisata di Provinsi Kalimantan Selatan sepanjang 2020.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani pun meluncurkan Calender of Event Nasional dan Visit Kalsel 2020.

Acara peluncuran dilakukan bersama Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan dan berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin, (4/11/2019).

Baca juga: Melancong ke Banjarmasin? Wajib Datangi 6 Tempat Ini

Dua di antara event tersebut masuk dalam Calender of Event Nasional yaitu Festival Triloksado (Festival Loksado) dan Festival Dayak Meratus. Peluncuran Calender of Event (CoE) dan Visit Kalsel 2020 mengangkat tema "The Legend of Borneo".

Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan menyatakan, hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan serta memperkenalkan potensi seni dan budaya Kalsel yang unik dan eksotik.

“Angan-angan kami untuk menjadi salah satu tujuan destinasi wisata nasional, karena kami meyakini Kalsel punya potensi yang layak jual dan beberapa kegiatan-kegiatan festival seni dan budaya yang ada di Kalimantan Selatan ini sangat layak dijual dan bisa bersaing,” kata Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan dalam acara peluncuran tersebut.

“Beberapa kegiatan-kegiatan dan festival-festival yang dilaksanakan, pertunjukan-pertunjukan yang bisa mengundang para wisatawan dari dalam maupun luar negeri,” tambah Rudy.

Sesuai dengan visi Presiden Jokowi yang mengandalkan event atau festival daerah demi menunjang kunjungan pariwisata di daerah-daerah di Indonesia, Kalimantan Selatan mempersiapkan festival-festival yang akan menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Baca juga: Banjarmasin Tawarkan Wisata Kuliner Pasar Terapung

Untuk memeriahkan pelaksanaan Visit Kalsel Tahun 2020 dan dipersiapkan 5 festival tingkat nasional dan internasional antara lain:
- Festival Bambu Rafting
- Festiva Pasar Wadai
- Festival Kemilau Banjamnasin
- Internasional Folks Festival
- Festival/Internasional Event.

Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar terpilih sebagai tempat untuk menyelenggarakan festival-festival tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.