Kenyal dan Gurih Mie Pentil Asal Bantul

Kompas.com - 05/11/2019, 07:00 WIB
Mie Pentil Asli Bantul, Yang dijual di Pasar Pundong, Bantul KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOMie Pentil Asli Bantul, Yang dijual di Pasar Pundong, Bantul

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal kuliner Yogyakarta tak akan ada habisnya. Daerah yang dipimpin Sri Sultan Hamengkubuwuno X itu selalu menyajikan pilihan baru.

Salah satu kuliner yang bisa jadi pilihan adalah mie pentil. Mie kenyal dan gurih asal Bantul, Yogyakarta, ini banyak dibuat masyarakat di Kecamatan Pundong.

Keunikan dari mie pentil adalah bahan baku. Mie yang dibuat dari sari pati ketela ini tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga hanya tahan sekitar 12 jam.

"Karena mie tidak memakai pengawet, jadi mudah basi. Nanti sore aja sudah basi," ucap Suprapti, penjual mie pentil kepada Kompas.com di Pasar Pundong, Senin (4/11/2019) pagi.

Proses pembuatan mie pentil tak rumit. Pertama-tama memerlukan tepung tapioka, lalu dibuat pati. Kemudian adonan dicampur air hangat dan dilumatkan.

"Adonan yang sudah tercampur dan mengental nantinya digiling menjadi mie atau dirajang jadi mie des (mie pedes)," katanya.

Adonan juga bisa dibuat menjadi abangan, kuliner lain yang berbentuk kotak kecil dengan tekstur kenyal. 

Mie Pentil dan Penjual di Pasar Pundong, Bantul Senin (4/11/2019)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Mie Pentil dan Penjual di Pasar Pundong, Bantul Senin (4/11/2019)
Nah, khusus mie pentil yang biasa dijajakan di Pasar Pundong, sebagian besar dimasak polosan dengan cara digoreng, lalu diberi bumbu bawang putih, kemiri dan garam.

Buat kamu yang suka pedas, maka bisa ditambah sambel tempe agar rasanya lebih menantang di lidah.

Jika tertarik jajal, kamu bisa bertandang ke Pasar Pundong, Bantul. Penjual mie mulai buka sejak pagi, dan berangsur habis hingga pukul 09.00 WIB.

Soal harga, mie basah dengan rasa gurih kenyal ini memiliki harga cukup murah, yakni mulai dari Rp 2.000.

Gimana, tertarik mencicip kelezatan mie pentil?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X