Mengunjungi Curug Gorobog, Permata Tersembunyi di Sumedang

Kompas.com - 10/11/2019, 07:50 WIB
Tingkat ketiga Curug Gorobog, tingkat paling indah dan besar. Sering menjadi latar berfoto ria para pengunjung dengan dua alirannya yang unik dan elemen pohon juga batuan di tengah. Tingkat ketiga Curug Gorobog, tingkat paling indah dan besar. Sering menjadi latar berfoto ria para pengunjung dengan dua alirannya yang unik dan elemen pohon juga batuan di tengah.

KOMPAS.COM - Rasa sejuk dan tenang tenang langsung terasa ketika mulai memasuki kompleks wisata air terjun Curug Gorobog di Citengah, Sumedang Selatan, Jawa Barat.

Gemericik air yang terdengar menciptakan suasana nyaman. Dengan bau tanah basah yang khas membuat siapa pun menarik napas begitu dalam, menikmati udara yang begitu segar.

Sepintas, ukuran Curug Gorobog tidak terlalu besar atau tinggi, jika dibandingkan dengan curug lain di Jawa Barat seperti Curug Cinulang atau Curug Cipongko.

Namun setelah dilihat lebih dekat, daya tarik utama Curug Gorobog bukanlah pada ukurannya, melainkan bentuknya yang unik. Ada tiga tingkatan yang dimiliki curug ini.

Tingkat paling bawah berada tepat di depan pintu masuk. Alirannya sangat deras dan merupakan lajur terakhir air yang mengalir dari puncak curug.

Tingkatan ini ini paling nyaman dijadikan tempat berenang dan bermain air karena air yang cukup dalam.

Lalu ada tingkat kedua Curug Gorobog yang agak sulit untuk diakses. Pengunjung harus mendaki sedikit jalanan kecil di sisi kiri curug.

Bentuknya seperti tebing, tapi sudah diberi pagar pembatas sehingga memudahkan pengunjung untuk mendaki.

Perjuangan tak akan mengkhianati hasil. Tingkat kedua ini bisa disebut paling indah dan paling besar. Terdiri dari dua aliran, ada yang kecil di sisi kiri dan besar di sisi kanan.

Tingkat kedua ini tak memiliki kedalaman sedalam tingkat ketiga.

Namun ada banyak ornamen seperti pohon-pohon kecil di tengah aliran curug, atau bebatuan besar dan kecil yang bisa dijadikan tempat berfoto ria.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X