Unik, di Museum Ini Pengunjung Boleh Makan Barang Pameran

Kompas.com - 10/11/2019, 18:00 WIB
Para pengunjung terlihat mencoba berbagai makanan yang dipamerkan. Makanan yang disajikan berasal dari internasional dan lokal. Para pengunjung terlihat mencoba berbagai makanan yang dipamerkan. Makanan yang disajikan berasal dari internasional dan lokal.

KOMPAS.COM – Hampi seluruh museum punya aturan ketat dan baku bagi pengunjung yakni tidak boleh menyentuh benda yang dipamerkan.

Namun, museum yag terletak di Perancis ini punya aturan yang justru berbeda dengan museum pada umumnya.

Cité Internationale de la Gastronomie ( International City of Gastronomy) di Lyon, Perancis mengajak pengunjung untuk merasakan pengalaman yang mendalam tentang gastronomi dengan menggunakan lima panca indera.

“Gastronomi Lyon adalah sebuah permata untuk seni kehidupan Perancis, juga diakui sebagai bagian dari Unesco World Heritage. Sesuatu yang sangat penting bagi identitas kota dan jadi bagian dari reputasi kota,” kata Presiden Lyon Metropole, David Kimelfeld terkait pembukaan museum ini seperti yang dilansir dari Daily Mail.

Alhasil, pengunjung boleh menyentuh sampai memakan koleksi museum yang tak lain adalah makanan

Baca juga: 5 Fakta Menarik Seputar Makanan Jepang

Makanan yang boleh dicicipi para pengunjung terbilang sangat beragam. Sebab tema makanan yang digunakan akan terus berbeda, mulai dari makanan yang berasal dari satu negara hingga makanan spesial dari koki lokal.

Pameran alur produksi makanan untuk anak-anak di International City of Gastronomy, Lyon, Perancis. Dok. Dailymail Pameran alur produksi makanan untuk anak-anak di International City of Gastronomy, Lyon, Perancis.

Tidak cuma makan, di museum ini pengunjung berkesempatan untuk belajar segala informasi soal makanan. Mulai dari bagaimana makanan berevolusi dalam sejarah hingga mendesain meja makan malam yang menarik.

Informasi yang tersedia juga meliputi berbagai warisan kuliner dari banyak koki asal Lyon, hingga penggunaan berbagai alat di dapur di seluruh dunia.

Pameran di Cité Internationale de la Gastronomie meliputi makanan jadi, resep, film, dan foto. 

Tak lupa pameran juga disajikan dalam bentuk interaktif seperti the Atlas of Gatromonie, gawai dengan layar sentuh dan peta raksasa di seluruh dinding dengan banyak informasi seputar aneka macam kuliner di dunia.

Baca juga: 5 Makanan Malaysia yang Mirip Makanan Indonesia, Ini Bedanya

Bagi para pengunjung juga diperbolehkan ikut serta di acara pencicipan dan workshop kuliner

Lyon dianggap pusat budaya makanan Perancis. Kota ini adalah rumah bagi 39.000 perkebunan dan 80 jenis wine berbeda diproduksi di area ini.

Museum ini terletak di sebuah bangunan bekas rumah sakit bernama Grand Hotel-Dieu dibuka mulai pukul 10.00 – 19.00 waktu setempat, dari Minggu hingga Jumat. Sedangkan pada  Sabtu buka pukul 10.00 – 22.00 waktu setempat.

Baca juga: 4 Tips Makan Pedas untuk Pemula

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Dailymail
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X