Jalan Ciheuleut di Bogor, Pusatnya Makanan Sunda Harga Terjangkau

Kompas.com - 10/11/2019, 22:17 WIB
Nicholas Ryan Aditya


JAKARTA, KOMPAS.com – Bogor selain dikenal sebagai kota hujan juga memiliki beragam makanan yang patut dicoba.

Tidak ada salahnya bila kamu sedang berada di Kota Bogor mampir ke Jalan Ciheuleut. Lokasinya terletak 500 meter dari Terminal Baranangsiang.

Sepanjang Jalan Ciheuleut, kamu akan disuguhkan pemandangan tenda beserta gerobak makanan khas Sunda, seperti warung makanan sunda dan soto kuning.

KompasTravel berkesempatan menikmati makanan khas sunda di Warung Aisyah, pada Senin (4/11/2019).

Menu yang disajikan di Warung Aisyah sangat beragam. Ada lauk pauk seperti ikan, ayam, paru, dan berbagai macam sayur seperti petai, kangkung, bayam, terong dan masih banyak lagi yang tersaji. 

Baca juga: 5 Restoran Sunda di Kota Bogor, Cocok untuk Keluarga

Selain pilihan lauk yang banyak, ciri khas warung sunda biasanya selalu ada lalapan.

Terdapat timun, terong, dan daun selada sebagai pendamping makan. Namun yang tak boleh dilewatkan adalah daun pohpohan yang rasanya menyegarkan ditambah aroma harum dari daunnya.

Daun Pohpohan ini merupakan daun khas dari tanah Sunda. Orang Sunda telah lama mengenal daun ini sebagai lalapan selain selada. Tanaman satu ini biasa tumbuh di Gunung Salak.

Kami memesan makanan terdiri dari nasi, paru, gorengan, tahu, tempe, ikan, gorengan, petai beserta teh manis hangat.

Ditambah sambal terasi dan sambal bawang pedas, makan jadi semakin nikmat.  Apalagi sambal yang disajikan boleh diambil sesuka hatimu. 

Salah satu pedagang warung sunda bernama Akang mengatakan biasa berjualan di Jalan Ciheuleut mulai pukul 17.00 hingga 03.00 WIB.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X