Pengalaman Pertama Kali Naik Pesawat, Ini Rasanya

Kompas.com - 11/11/2019, 16:20 WIB
Ilustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan Timur KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoIlustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan Timur


JAKARTA, KOMPAS.com – Zaman sekarang, sebagian orang mungkin sudah pernah naik pesawat. Namun ada juga orang yang belum berkesempatan naik pesawat, saya salah satunya.

Hari itu, Sabtu (9/11/2019) pukul 08.50 WIB, untuk kali pertama sejak 24 tahun usia, saya datang ke Bandara Soekarno-Hatta dan naik pesawat tujuan ke Tanjung Pandan, Belitung.

Jujur, sesaat sebelum masuk ke dalam pesawat usai melakukan pengecekan tiket, data diri, dan menuju gerbang keberangkatan perasaan saya begitu takut.

Sampai waktu keberangkatan tiba, dan semua penumpang dipanggil untuk naik ke pesawat. Saya lantas mencari tempat duduk sesuai yang tertera di tiket.

Bagi yang baru naik pesawat, tentu saya memerhatikan setiap instruksi keselamatan dari pramugari. Antisipasi semisal ada apa-apa selama di jalan, amit-amit. 

Pramugari akan mempraktekkan demo tentang keselamatan pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai dari cara memasang sabuk pengaman, mematikan telepon genggam, sampai mengenakan pelampung keselamatan dan masker oksigen.

Baca juga: 15 Hal yang Bikin Naik Pesawat Tidak Nyaman

Ketakutan itu pun perlahan-lahan mulai hilang ketika melewati pesawat mulai terbang atau nama bekennya take off. Banyak orang bilang pada saya bahwa momen krusial dalam penerbangan pesawat adalah ketika take off (lepas landas) dan landing (mendarat).

Usai, take off perasaan saya kembali tenang. Saat itu saya begitu menikmati berada untuk kali pertamanya di atas ketinggian 35.000 kaki. Melihat pemandangan berupa gumpalan awan, rasanya tak pernah sedekat ini.

Tentunya saya juga tidak lupa menengok satu hal yang terbilang krusial di pesawat, apalagi kalau bukan toilet.

Ternyata toilet di pesawat sama seperti toilet di moda transportasi lainnya. Hanya pembedanya, toilet di pesawat tidak boleh digunakan ketika take off dan landing karena akan mengganggu penerbangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X