Seluk-beluk Merintis Bisnis Gelato, Sebulan Bisa Untung Rp 60 Juta

Kompas.com - 16/11/2019, 10:00 WIB
Ilustrasi: es krim, gelato ShutterstockIlustrasi: es krim, gelato


JAKARTA, KOMPAS.com – Buka bisnis sendiri memang merupakan impian bagi beberapa orang. Membuka bisnis gelato mungkin bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu.

Nah, untuk kamu yang mulai susun-susun rencana buka usaha gelato, ada tips dari Jovita Pranata.

Jovita adalah pemenang Indonesia Gelato Competition dan Gelato World Tour Indonesia Challenge.

Ia mengatakan, bisnis gelato cukup menjanjikan, dilihat dari pekembangannya yang melesat pada tiga tahun terakhir.

Opportunity-nya (Kesempatannya) bisa dikatakan tinggi karena memang untuk dessert (makanan penutup) sekarang lagi naik daun, yang namanya cold dessert, milk base dessert itu lagi sangat naik daun. Tapi kalau apakah bisnis ini menjadi sesuatu menjadikan secara bagus faktornya banyak,” jelas Jovita saat ditemui di Gelato Class saat acara SIAL Interfood 2019 di JIEXPO, Jumat (15/11/2019).

Baca juga: Ternyata Ini Standar Membuat Gelato yang Nikmat di Italia

Jovita juga menyarankan bagi para calon pengusaha gelato untuk memperhatikan berbagai faktor saat ingin merintis bisnis.

Sama seperti bisnis lain, faktor pemilihan lokasi, target, dan lain-lain yang harus diperhitungkan.

“Jadi seperti pemilihan lokasi, segmen pasar yang dituju, tetapi over all ini bisnis yang bagus rupanya, karena kalau kita ngomongin gelato, dessert bisa dinikmati oleh segala usia. Anak-anak pasti suka, remaja pasti suka, tinggal kita mau bidik segmen yang mana. Family kah, atau mau masuk ke health segmen, kita main misalnya low sugar,” paparnya.

Ia juga menyarankan bagi para calon pengusaha harus menguasai teknik pengolahan gelato dengan benar, memiliki skill yang mumpuni, dan mau terus mencoba resep.

“Kalau untuk buka usaha gelato dan buat gelato itu memang harus belajar khusus, belajar khususnya dengan sekolah saja tidak cukup, yang penting lebih banyak di jam terbang sih,” ujarnya.

Baca juga: Pesan Es Krim? Ini Bedanya Es Krim, Gelato, dan Sorbet

Bagi Chef Jovita, peralatan yang profesional juga sangat menentukan dari rasa gelato yang dibuat itu sendiri. Para calon pengusaha gelato harus memperhitungkan bujet dan mulai-menabung untuk peralatan produksi yang lumayan besar biayanya.

Peralatan produksi gelato mencakup

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X