Green Tea dan Matcha Itu Berbeda, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 19/11/2019, 07:15 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.


JAKRTA, KOMPAS.com - Matcha dan green tea sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta teh. Minuman teh ini sudah sering dikonsumsi oleh masyarakat dalam bentuk minuman kekinian seperti green tea latte atau matcha cheese tea.

Namun banyak orang cenderung menyamakan matcha dan green tea, padahal keduanya berbeda. 

Baca juga: Ini Bedanya Teh Hijau Indonesia, Jepang, dan Inggris

Pakar teh, Ratna Somantri menjelaskan dan memaparkan perbedaan dari kedua jenis teh ini. Ia mengatakan ketika membedakannya, orang-orang harus melihat, mencium dan merasakan bubuk matcha dan green tea.

"Orang harus lihat dan coba baru tau. Matcha itu adalah teh hijau dari Jepang yang memang mengalami proses yang khusus, proses yang khusus itu yang pertama dari tanamannya sendiri harus ditutupi dari matahari supaya klorofilnya tinggi, asam aminonya tinggi sehingga menghasilkan warna hijau yang cerah." jelas Ratna di di SIAL Interfood 2019 di JIEXPO, Sabtu (16/11/2019).

Matcha menurut Ratna juga memiliki rasa yang khas, yakni rasa creamy yang berasal dari tehnya. Proses pengolahan matcha juga spesial, menggunakan daun dari teh hijau yang sudah melalui proses khusus agar menghasilkan bubuk matcha

Berbeda dengan matcha, green tea menggunakan tulang dari tanaman teh hijau.

"Sementara green tea powder itu merupakan green tea yang tidak mengalami proses seperti matcha tetapi hanya dihaluskan. Warnanya akan lebih kuning kecoklatan, kalau matcha hijau." jelas Ratna.

Rasa green tea menurut Ratna juga lebih sepet dan aromanya akan lebih greasy (tebal dan sedikit berminyak), lebih (berbau) seperti daun atau rumput. 

Baca juga: Ini Dia Toko Serba Matcha di Tokyo

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X