Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Varian Rasa Telur Asin dari Brebes, Yuk Coba

Kompas.com - 19/11/2019, 09:00 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

BREBES, KOMPAS.COM – Salah satu makanan khas kabupaten Brebes, Jawa Tengah adalah telur asin. Telur asin khas Brebes ini selalu jadi buruan karena rasanya yang nikmat dengan ciri khas kuning telur yang berminyak.

Telur asin ternyata memiliki banyak varian. Varian-varian telur asin ini memiliki perbedaan dari cara pengolahannya.

“Ada empat (varian telur asin), direbus biasa, dibakar pakai batok kelapa, dipanggan oven, sama dipindang,” ujar Dwi Herlina, salah seorang pedagang telur asin khas Brebes di rest area 260B jalan tol Trans Jawa.

Menurut Dwi, empat varian pengolahan telur asin ini bisa memberikan rasa dan tekstur yang berbeda. Jangan lewatkan telur asin aneka rasa dari Brebes, berikut ulasan pembuatan dan rasa telur asin: 

Baca juga: Telur Asin, Beda Itik Beda Rasanya

1. Telur asin rebus

Pertama adalah telur asin yang direbus biasa. Telur ini semacam telur asin pada umumnya. Telur bebek yang sudah melalui proses pengasinan lalu direbus dengan air selama kurang lebih satu jam.

Telur asin rebus ini punya tekstur lembut dan kuning telur yang berminyak. Rasa asinnya pun masih sangat terasa tajam.

2. Telur asin bumbu pindang

Kemudian ada telur asin yang dimasak dengan cara dipindang. Telur asin ini memiliki bekas bumbu kuning pada bagian kulit luar. Pasalnya, telur bebek yang sudah diasinkan direbus dengan air bumbu kuning. Bumbu kuningnya sendiri dibuat dari rempah bumbu kuning pada umumnya.

“Paling bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, ya bumbu kuning biasa untuk ayam goreng. Setelah itu direbus 1-2 jam sampai bumbunya kira-kira menyerap,” jelas Dwi Herlina.

Telur asin bumbu pindang ini memiliki tekstur putih telur yang lebih kering daripada telur yang direbus hanya dengan air saja. Rasa telurnya pun cenderung lebih berbumbu karena direbus bersama bumbu kuning tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Telur Asin Brebes Berkualitas untuk Oleh-oleh

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com