5 Fakta Gado-gado, Makanan Indonesia yang Sering Viral di Medsos

Kompas.com - 21/11/2019, 07:00 WIB
Lezatnya bumbu kacang yang tersiram diatas sayuran segar gado-gado Kampung Tugu. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaLezatnya bumbu kacang yang tersiram diatas sayuran segar gado-gado Kampung Tugu.

JAKARTA, KOMPAS.COM – Unggahan di media sosial mengenai gado-gado yang ditata cantik sempat membuat kehebohan di kalangan netizen Indonesia. Gado-gado memang salah satu makanan Indonesia yang disukai banyak orang.

Hal yang menarik, gado-gado terbilang sebagai makanan Indonesia yang sering viral di media sosial. Kompas.com merangkum, lima fakta seputar gado-gado yang sering disebut Indonesia salad ini: 

Baca juga: Viral Gado-gado Ditata Cantik, Netizen Jadi Kesal

1. Jadi makanan nasional

Kementerian Pariwisata (dulu) menetapkan gado-gado sebagai salah satu dari lima makanan nasional Indonesia sejak 2018. Hasil ini ditetapkan berdasarkan Forum Group Discussion (FGD) komunitas kuliner di Indonesia.

Lima makanan lain selain gado-gado adalah soto, nasi goreng, rendang, dan sate. Limamakanan ini ditetapkan sebagai makanan nasional karena dianggap merepresentasikan kuliner Indonesia yang bisa diperkenalkan ke mancanegara.

2. Sempat dibuat koki internasional pakai selai kacang

Pada Februari 2018 lalu, koki selebritis dunia Jamie Oliver sempat viral karena membuat gado-gado dengan resep versi dirinya. Dalam unggahan video yang ia bagikan di akun Twitternya tersebut, Jamie mempraktikan proses dirinya membuat gado-gado.

Namun karena keterbatasan bahan, Jamie mengganti beberapa bahan gado-gado dan memasaknya dengan cara berbeda. Ia menggunakan berbagai sayuran seperti kol merah, kol putih, kentang rebus, tahu goreng, lobak, tomat, timun, dan tauge.

Sayuran tersebut pun tidak direbus lebih dahulu. Tak hanya itu saja, Jamie juga membuat sausnya menggunakan selai kacang. Selai kacang ini ia campur dengan gula palem, bawang putih, dan perasan air jeruk.

Gado-gado buatan Jamie viral di kalangan netizen Indonesia dan menimbulkan pro serta kontra. 

Baca juga: Apa Beda Karedok, Gado-Gado, dan Pecel?

Gado-gado dengan harga Rp 212.000...

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X