Hummus Tempe, Makanan Khas Timur Tengah dengan Kearifan Lokal

Kompas.com - 23/11/2019, 08:00 WIB
Berbagai varian hummus yang menggunakan tempe sebagai bahan dasar pengganti chickpea. Hummus dimakan dengan biskuit, potongan tempe, atau keripik tempe. Berbagai varian hummus yang menggunakan tempe sebagai bahan dasar pengganti chickpea. Hummus dimakan dengan biskuit, potongan tempe, atau keripik tempe.

TANGERANG, KOMPAS.COM – Beberapa orang mungkin cukup familiar dengan sajian hummus khas negeri Timur Tengah. Sajian ini merupakan bubur halus yang sering dijadikan cocolan untuk dimakan bersama sayuran, roti, atau biskuit.

Hummus merupakan bubur halus yang dibuat dengan bahan dasar chickpea atau kacang arab yang sudah dihaluskan lalu dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah untuk memperkaya rasa.

Namun ada yang berbeda dari hummus yang Kompas.com temukan di gelaran Festival Tempe 2019 yang digelar di Museum Benteng Heritage, Pasar Lama, Tangerang pada Sabtu (16/11/2019).

Hummus yang terdapat di sini mengganti bahan dasar kacang arab dengan tempe.

Baca juga: Es Doger dan Tempe Jadi Gelato, Seperti Ini Rasanya

“Ini enak sekali. Saus cocol dimakan dengan biskuit ini bisa dibuat sandwich atau dimakan sama potongan tempe atau keripik ini juga boleh,” jelas Eek Kee Ho, kreator hummus tempe ini ketika ditemui Kompas.com, Sabtu (16/11/2019).

Hummus tempe yang tersedia di Festival Tempe tersebut ada tiga varian rasa. Original, pedas manis, dan super pedas. Sekilas, penampakan hummus tempe ini mirip seperti saus tauco dengan warna yang tak terlalu kecoklatan.

Kompas.com pertama mencicipi hummus dengan varian rasa super pedas yang dicocol dengan biskuit. Ternyata, rasanya sendiri cukup unik.

Ada rasa khas tempe yang sudah bercampur dengan beragam bumbu dan rempah dan tentunya cabai.

Tekstur tempe yang sudah dihaluskan bercampur dengan rasa gurih yang berasal dari berbagai campuran bumbu yang terasa khas Indonesia. Rasa pedasnya terasa biasa saja, sedikit tajam tanpa menghilangkan rasa hummus yang otentik.

Setelahnya, Kompas.com mencoba hummus dengan varian rasa original yang dicocol dengan keripik tempe. Perpaduan ini ternyata lebih lezat dari sebelumnya. Rasa hummus original ternyata memiliki sensasi rasa yang berbeda.

Baca juga: Berbagai Varian Olahan Tempe, Mudah, Cepat dan Rasa yang Lezat

Perpaduan rasa hummus yang lebih gurih dan keripik tempe yang krispi membuat sensasi rasa yang sangat nikmat. Selain itu, campuran minyak zaitun di dalam hummus juga membuat rasa lebih menyatu.

Untuk proses pembuatannya sendiri, ternyata sangat mudah. Tak jauh berbeda dengan proses pembuatan hummus biasa, menggunakan berbagai bumbu seperti bawang putih, ketumbar, garam, sedikit air jeruk untuk keasaman.

Semua bahan tersebut kemudian diblender halus, dan dicampur dengan tempe yang sebelumnya sudah dikukus dan dihaluskan. Terakhir, campurkan minyak zaitun atau minyak sayur untuk menyatukan rasa.

Baca juga: Selain Tempe Goreng, Tempe Bisa Diolah jadi Burger dan Cookies

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X