Restoran Indonesia New York Wayan Masuk Finalis Eater Award 2019

Kompas.com - 23/11/2019, 12:00 WIB
Sajian di Restoran Wayan di Manhattan, New York, Amerika Serikat.  Dok. WayanSajian di Restoran Wayan di Manhattan, New York, Amerika Serikat.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Restoran Indonesia Wayan di Manhattan, New York, masuk sebagai salah satu dari lima finalis The Eater Awards 2019 untuk kategori Restaurant of The Year (Restoran Terbaik Tahun Ini).

Eater Awards merupakan penghargaan tahunan dari media makanan asal Amerika Serikat, Eater. Media ini terkenal sebagai panduan restoran dan makanan di kota besar Amerika Serikat.

"Wayan diambil dari nama istri saya orang Bali, di Manhattan terbilang masih sangat jarang, bahkan tidak ada restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia," kata Cédric Vongerichten, koki sekaligus pemilik Wayan, saat ditemui di restorannya Vong Kitchen, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Baca juga: Bedanya Makanan Bali di Restoran dan di Rumah Orang Bali Asli

Cédric menjelaskan bahwa Wayan mengusung sajian Indonesia dengan sentuhan teknik modern Perancis.

Berbagai makanan khas Indonesia bisa didapati di Wayan, mulai dari nasi goreng, gado-gado, sop buntut, pepes ikan, sampai tumpeng.

Restoran Wayan di Manhattan, New York, Amerika Serikat.  Dok. Wayan Restoran Wayan di Manhattan, New York, Amerika Serikat.

"Makanan yang saya sajikan tidak mirip persis dengan apa yang ada di Indonesia, contohnya gado gado. Ketika ditampilkan mirip seperti yang ada di Jakarta belum tentu dapat diterima dengan mudah dengan orang di sana (New York)," jelas Cédric.

Selain tampilan makanan, Cédric bercerita juga bahwa dia harus menyesuaikan berbagai bahan, bumbu, dan rempah khas Indonesia. Tidak mudah untuk mendapatkan bumbu masak di Amerika Serikat dengan rasa yang kuat seperti di Jakarta.

Sejak dibuka pada Februari 2019, Cédric menyebutkan, animo masyarakat terbilang sangat baik. Banyak warga lokal termasuk media yang penasaran dan menyicipi makanan di Wayan.

Di The Eater Awards 2019, Wayan masuk kategori Restaurant of the Year (Restoran Terbaik Tahun Ini) bersama dengan Haenyeo, Llama San, Kawi, dan Rezdora.

Selain kategori Restaurant of The Year, ada pula Design of the Year (Desain Restoran Terbaik Tahun Ini) dan Best Bakery of the Year (Bakery Terbaik Tahun Ini).

Baca juga: Nikmatnya Bebek Timbungan, Makanan Khas Bali yang Mulai Langka

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber eater
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X