Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Rp 10 juta Sudah Bisa Buka Bisnis Kopi, Simak Caranya

Kompas.com - 23/11/2019, 15:16 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa bilang modal pas-pasan tidak bisa membuka kafe kopi? Bisnis kopi juga bisa dilakukan meski modal terbilang sedikit.

Yudhistira (Yudhizt) seorang bar manager membagikan tipsnya untuk membuka usaha coffee shop bagi yang memiliki modal minim.

Ditemui usai menjadi pembicara di Seminar Iconic Coffee di SIAL Interfood 2019 ia menyatakan jika membuka usaha coffee shop tidak harus bermodal besar namun berdasarkan niat.

"Hal yang paling penting niat. Karena jika tidak niat, pasti tidak akan update tentang kopi, kalo dia sendiri niat dia akan mengikuti update produk, update tentang yang ada disekitarnya," jelas Yudhizt  di Jakarta Internasional Expo, Sabtu (16/11/2019).

Baca juga: Cara Paling Tepat Menikmati Rasa Terbaik dari Kopi

Yudhizt mengatakan bisnis kopi memang terkenal memerlukan modal besar. Namun bukan berarti dengan modal kecil, bisnis kopi tak dapat ideal. 

Modal paling minim untuk membuka kopi menurut Yudhizt adalah Rp 10 juta. 

"Yang mahal itu sewa tempatnya, kalau dirumah sendiri Rp 10 juta jadi. Untuk alat-alat manual brew Rp 6 juta sudah dapat satu set. Hasilnya beda kalo manual brew itu hasilnya lebih light, beda rasanya dengan mesin, untuk body kopi kuatan yang dengan mesin," ujarnya. 

Banyak yang ingin berbinis kopi juga ragu lantaran mesin espresso terkenal mahal. Untuk menyiasati itu dapat menggunakan alat manual bernama rok presso. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com