Cara Boarding di Stasiun Kereta Api

Kompas.com - 24/11/2019, 09:00 WIB
Proses pengecekan identitas dan tiket penumpang kereta api sebelum masuk peron stasiun. Proses ini dinamakan boarding, sama seperti pesawat, kini kereta api juga memiliki proses tersebut. Nicholas Ryan AdityaProses pengecekan identitas dan tiket penumpang kereta api sebelum masuk peron stasiun. Proses ini dinamakan boarding, sama seperti pesawat, kini kereta api juga memiliki proses tersebut.


JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti naik pesawat, kereta api pun ada proses boarding.

Karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pengguna jasa kereta api agar proses boarding berjalan dengan lancar.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengimbau para pengguna jasa untuk membawa identitas diri sebelum naik kereta api.

Baca juga: 8 Langkah Beli Tiket Kereta Api Lewat KAI Access

"Harus identitas asli, karena kalau tidak ada itu, tidak akan diperkenankan masuk," kata Eva kepada Kompas.com, Rabu (20/11/2019).

Eva mengatakan, para pengguna jasa membawa identitas diri seperti E- KTP, SIM, dan jika membawa anak harus disertai dengan fotokopi Kartu Keluarga.

Identitas lain yang dapat dipergunakan saat boarding adalah paspor.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Melalui KAI Access

"Karena ini untuk menyamakan nama yang tertera pada tiket dengan orang yang akan berangkat itu sama," ujarnya.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk boarding di stasiun kereta api:

1. Siapkan KTP, SIM, atau Paspor

Para pengguna jasa kereta api wajib membawa identitas diri ketika proses boarding. Identitas diri harus asli untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena itu, ada baiknya sebelum kamu pergi ke stasiun, cek dulu apakah identitas diri seperti KTP, SIM, atau pun Paspor kamu sudah terbawa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X