Kompas.com - 24/11/2019, 14:00 WIB
Sepeda merupakan alat transportasi yang digunakan penduduk Kopenhagen, Denmark sehari-hari. SHUTTERSTOCKSepeda merupakan alat transportasi yang digunakan penduduk Kopenhagen, Denmark sehari-hari.

KOMPAS.com - Jika kamu berencana untuk solo traveling ke luar negeri, sebaiknya pertimbangkan negara-negara paling aman untuk traveling.

International SOS, perusahaan layanan keamanan perjalanan, meluncurkan laporan tahunan Travel Risk Map yang bisa menjadi acuan perjalanan tahun 2020.

Laporan ini dibuat berdasarkan risiko keamanan perjalanan dan medis, termasuk penyakit menular dan kerusuhan politik.

Laporan tersebut berbentuk peta dengan warna-warna tertentu yang terbagi dalam lima kategori, mulai dari berisiko "tidak terlalu penting" hingga "ekstrem".

Baca juga: Jangan Nekat, Ini Daftar Negara Paling Berbahaya untuk Traveling

Dalam prediksi untuk tahun 2020 tersebut, negara-negara yang paling aman untuk dikunjungi terkonsentrasi paling banyak di kawasan utara bumi.

Mereka adalah Denmark, Finland, Greenland, Islandia, Norwegia, Slovenia, Luxembourg, dan Swiss.

Sebaliknya, negara yang paling berbahaya tersebar di seluruh dunia, termasuk Afghanistan, Republik Afrika Tengah, Somalia, dan Syria.

Kereta seluncur salju yang ditarik rusa kutub di Desa Rovaniemi, FinlandiaThinkStock Kereta seluncur salju yang ditarik rusa kutub di Desa Rovaniemi, Finlandia
Beberapa negara tidak bisa masuk dalam satu kategori (berbahaya atau aman), sehingga mendapat peringkat yang tercampur.

Misalnya Meksiko dan Kolombia yang masuk dalam peringkat campuran.

Hal ini terjadi karena beberapa wilayah di negara tersebut masuk dalam kategori risiko menengah, sendangkan wilayah lainnya masuk dalam risiko tinggi.

Baca juga: 16 Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Juru bicara dari International SOS kepada CNN, menuturkan peta tersebut didesain untuk kliennya.

Peta itu mengambarkan risiko setiap lokasi, tetapi pihaknya menyarankan untuk traveler melakukan riset terlebih dahulu terhadap destinasi yang akan dituju.

Daftar Negara Paling Aman (diurut sesuai alfabet):
-Anguilla
-Cape Verde
-Denmark
-Finlandia
-Greenland
-Islandia
-Kepulauan Marshall
-Kepulauan Turks dan Caicos
-Norwegia
-Pulau Cayman
-Palau
-San Merino
-Seychelles
-Slovenia
-Swiss

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.