Balkondes, Tempat Menginap Dekat Borobudur Harga Mulai Rp 275.000

Kompas.com - 24/11/2019, 19:00 WIB
Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Majaksingi yang berlokasi 3,9 kilometer dari Candi Borobudur menawarkan beragam akomodasi seperti penginapan, hingga spa dan pijat relaksasi. Nicholas Ryan AdityaBalai Ekonomi Desa (Balkondes) Majaksingi yang berlokasi 3,9 kilometer dari Candi Borobudur menawarkan beragam akomodasi seperti penginapan, hingga spa dan pijat relaksasi.


MAGELANG, KOMPAS.com - Wisatawan yang pergi ke Candi Borobudur tak perlu susah mencari penginapan.

Sejak tahun 2017 telah terdapat 20 desa yang mendirikan Balai Ekonomi Desa ( Balkondes) dan menawarkan penginapan bernuansa pedesaan.

Baca juga: Borobudur Marathon Digelar Besok, Non Pelari Tetap Bisa Nikmati Hiburan

Balkondes ini merupakan proyek kerjasama desa dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pengembangan tiga destinasi wisata Indonesia seperti Danau Toba, Borobudur dan Mandalika.

Kompas.com berkunjung ke dua balkondes yang ada di Kecamatan Borobudur: yaitu Balkondes Majaksingi dan Balkondes Giritengah pada Rabu (13/11/2019) dan Kamis (14/11/2019).

Balkondes Majaksingi

Balkondes Majaksingi tawarkan akses restoran, taman, dan resepsionis yang siaga 24 jam penuh. Selain itu mereka juga tawarkan akses ke balkon, tempat parkir pribadi gratis, dan jaringan internet Wi-Fi.Nicholas Ryan Aditya Balkondes Majaksingi tawarkan akses restoran, taman, dan resepsionis yang siaga 24 jam penuh. Selain itu mereka juga tawarkan akses ke balkon, tempat parkir pribadi gratis, dan jaringan internet Wi-Fi.
Balkondes yang terletak sekitar 3,9 kilometer dari Candi Borobudur ini menyediakan beragam akomodasi seperti akses restoran, taman, dan resepsionis yang siaga 24 jam penuh. Selain itu, mereka juga menawarkan akses ke balkon, tempat parkir pribadi gratis, dan jaringan internet Wi-Fi.

Menurut Supervisor Balkondes Majaksingi, Aan Hermawan (42), balkondes di desanya merupakan tempat yang sejuk dan cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan nuansa pedesaan.

Baca juga: Kisah Cinta yang Tak Terekspos di Relief Candi Borobudur

"Kami menawarkan homestay yang privasi, makanan desa, spa dan pijat, kopi asli Desa Majaksingi (kopi Borobudur) yang mana seluruh balkondes juga menggunakan," kata Aan kepada Kompas.com, Rabu (13/11/2019).

Tak hanya itu, Aan mengatakan desanya juga menawarkan paket wisata berkeliling desa dengan mobil jeep. Paket wisata ini bernama Jeep Adventure Parang Menoreh.

Lanjut Aan, paket wisata jeep itu mulai diminati wisatawan. Terdapat lima paket trip yaitu short trip, medium trip, long trip, sunrise trip, dan extreme and optional trip.

Balkondes Majaksingi, terdapat beberapa joglo yang bisa digunakan untuk rapat, makan, dan aktivitas lainnya dengan nuansa pedesaan yang masih asri dan tenang.Nicholas Ryan Aditya Balkondes Majaksingi, terdapat beberapa joglo yang bisa digunakan untuk rapat, makan, dan aktivitas lainnya dengan nuansa pedesaan yang masih asri dan tenang.
Harga paket trip tersebut berbeda, untuk short trip, misalnya, berkunjung ke industri rumahan, pottery village, dan berfoto dengan latar belakang Candi Borobudur atau Pegunungan Menoreh dihargai Rp 275.000 hingga Rp 350.000.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X