3 Rekomendasi Tempat Makan di Bogor ala Presiden Jokowi

Kompas.com - 25/11/2019, 06:45 WIB
Martabak berwarna merah dengan isi meses, coklat, dan keju di dalamnya. Martabak dan bakso Kiki, tempat makan di Bogor rekomendasi Presiden Jokowi. Nicholas Ryan AdityaMartabak berwarna merah dengan isi meses, coklat, dan keju di dalamnya. Martabak dan bakso Kiki, tempat makan di Bogor rekomendasi Presiden Jokowi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain pemandangan alam dan udara sejuknya, Bogor juga dianugerahi beragam jenis makanan. Keanekaragaman makanan ini juga disukai Presiden Joko Widodo yang kini memilih menetap di Bogor.

Melalui vlog di channel Youtube-nya, Jokowi mengatakan, Bogor menyimpan begitu banyak rumah makan modern dan tradisional dengan resep dunia atau Nusantara.

Nah, Jokowi pun memilih tiga makanan Bogor yang pernah ia kunjungi. Tiga di antara yang terbaik dan masuk dalam video berdurasi 10 menit 18 detik itu adalah Martabak dan Bakso Kiki, Restoran Kluwih, dan Sate Tegal Laka-Laka.

Lantas seperti apa rasa dan kenikmatan yang ada di tiga makanan tersebut? Berikut ulasannya:

1. Martabak dan Bakso Kiki

Melalui vlognya, Jokowi mengatakan, bahan-bahan yang ada di Martabak Kiki masih segar, tanpa bahan pengawet, dan diracik langsung oleh pemiliknya.

Kiky Sanjaya selaku pemilik Martabak dan Bakso Kiki menceritakan bahan-bahan dari produknya. Ia memakai bahan-bahan yang fresh, berkualitas bagus, dan tanpa bahan pengawet.

"Yang ngeracik resepnya kan dari saya, kuncinya di situ. Martabak yang bagus, saya rasa dimakannya enggak lengket di gigi, teksturnya lembut, warna kulitnya bagus," kata Kiki dalam vlog Jokowi yang diunggah pada 21 November 2019.

Sementara untuk bakso, ia menyebutkan bahwa kunci nikmat bakso buatannya itu hingga sampai disukai Presiden Jokowi adalah dari daging.

Menurut dia, jika daging sudah tidak bagus, maka bakso akan gagal.

Ketenaran Martabak dan Bakso Kiki ini semakin bertambah sejak Jokowi datang dan meminta pesanan untuk Istana Bogor.

"Kalau ada acara-acara rapat kabinet, ada tamu negara. Udah berapa kali saya ngelayani, sama Pak Jokowi langsung. Beliau nunjuk langsung, saya mau ini mau ini. Jadi jalan bareng, deketin, makan, nyoba, saya mau ini, kayak biasa," tambahnya.

Kiky juga mengatakan, kalau Jokowi menyukai makanannya, ia akan menambah, meski tidak banyak.

"Tapi enggak banyak, beliau pertama tiga, kalau cocok tambah lagi," lanjutnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X