Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman dan Nyaman Membawa Barang Saat Traveling Naik Kereta Api

Kompas.com - 25/11/2019, 21:00 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta api adalah salah satu transportasi yang cukup diminati. Namun, terkadang, kenyamanan naik transportasi ini akan berkurang, salah satunya karena faktor barang bawaann.

Menurut Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, perjalanan menggunakan kereta api akan terasa nyaman jika tidak membawa barang-barang berlebih.

Ia menyarankan agar pengguna jasa kereta api tidak usah membawa barang-barang yang tidak diperlukan.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Api Lewat Online dan Offline

 

Menurutnya, ada ada beberapa barang yang boleh dibawa dan tidak boleh dibawa dalam perjalanan KA.

"Anak muda, misalnya, yang mau hiking, biasanya bawa gas, ini harus diperhatikan. Dalam kereta api tidak boleh membawa barang-barang yang mudah terbakar, salah satunya gas," kata Eva kepada Kompas.com, Rabu (20/11/2019).

Tak hanya itu, hewan, narkotika (psikotropika, zat adiktif lainnya), dan senjata api atau benda tajam juga tidak boleh dibawa dalam perjalanan KA.

"Ini termasuk dalam ketentuan bagasi," lanjutnya.

Baca juga: Cara Boarding di Stasiun Kereta Api

Berikut tips aman dan nyaman bawa barang bawaan saat traveling naik kereta api yang dirangkum Kompas.com:

1. Jangan membawa hewan, barang mudah terbakar, narkotika, dan senjata api atau benda tajam

Pemudik menata barang bawaannya di dalam kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2016). Warga pendatang di Jakarta mulai mudik ke kampung halaman dengan menggunakan kereta api ke sejumlah kota tujuan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemudik menata barang bawaannya di dalam kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2016). Warga pendatang di Jakarta mulai mudik ke kampung halaman dengan menggunakan kereta api ke sejumlah kota tujuan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Eva berharap, penumpang juga mengecek kembali barang bawaannya apa yang boleh dan tidak boleh dibawa.

Barang-barang terlarang tersebut seperti hewan, benda mudah terbakar, narkotika, senjata api atau benda tajam.

Baca juga: Ini Kisaran Tarif Porter di Stasiun Kereta Api

Ia juga mengimbau agar pengguna jasa kereta api tidak membawa barang-barang yang telah ditentukan dalam ketentuan bagasi yang bisa ditaruh di kabin.

"Untuk memudahkan ketika mereka mau masuk sudah mepet waktunya, pada saat pemeriksaan dan kedapatan membawa ini akan sangat beresiko ketinggalan kereta," kata Eva.

2. Bawa barang secukupnya

Pemudik tujuan Jawa Timur menata barang bawaanya saat berada di dalam kereta api Kertajaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (13/7/2015). PT KAI mempersiapkan sekitar 370 rangkaian kereta untuk mengakomodir 96.000 pemudik tiap harinya selama arus mudik dan balik. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Pemudik tujuan Jawa Timur menata barang bawaanya saat berada di dalam kereta api Kertajaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (13/7/2015). PT KAI mempersiapkan sekitar 370 rangkaian kereta untuk mengakomodir 96.000 pemudik tiap harinya selama arus mudik dan balik.
Pengguna jasa sekaligus pencinta KA, Muni Edi S Riyadi mengatakan, penumpang sebaiknya membawa barang-barang secukupnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com