Belajar Sejarah di Penampungan Bleberan Gunungkidul, Yogyakarta

Kompas.com - 26/11/2019, 08:00 WIB
Warga Menunjukkan Batu Diduga Menhir dan Batu Bergambar Wayang di Dusun Sawahan II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOWarga Menunjukkan Batu Diduga Menhir dan Batu Bergambar Wayang di Dusun Sawahan II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pengunjung air terjun Sri Getuk, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, meski melewati Penampungan Bleberan, sangat sedikit yang menyempatkan diri mampir di penampungan benda cagar budaya nenek moyang itu.

Padahal ada banyak hal menarik yang dapat dipelajari di Cagar Budaya Situs Bleberan. 

Untuk berkunjung ke cagar budaya ini terbilang mudah. Saat masuk ke Desa Bleberan, pengunjung akan melihat papan penunjuk 'Cagar Budaya Situs Bleberan' menuju ke arah selatan.

Baca juga: Nostalgia Buah Duwet di Gunungkidul, Kini Sulit Ditemukan...

Dengan melewati jalan dusun yang sebagian sudah rusak, tak perlu takut tersesat karena setiap tikungan ada papan petunjuknya. 

Sampai di lokasi Penampungan Bleberan, suasana sejuk karena di sekitarnya terdapat pohon besar.

Saat   kompas.com  pada Jumat (22/11/2019) sejumlah pekerja tampak memperbaiki lokasi. Disana terdapat belasan benda purbakala ditaruh di sebuah lahan cukup luas. Bahkan ada menhir yang cukup tinggi. 

Dari papan informasi diketahui Dusun Bleberan digunakan sebagai penampungan benda cagar budaya dari wilayah Kecamatan Playen sejak tahun 1998.

Warga Menunjukkan Batu Diduga Menhir dan Batu Bergambar Wayang di Dusun Sawahan II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, GunungkidulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Warga Menunjukkan Batu Diduga Menhir dan Batu Bergambar Wayang di Dusun Sawahan II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul

Ditetapkannya Dusun Bleberan sebagai tempat penampungan benda cagar budaya wilayah Kecamatan Playen karena di Dusun Bleberan ditemukan menhir yang masih utuh dan insitu, berukuran tinggi 408 cm, lebar 33 cm, dan tebal 27 cm. 

Sekitar menhir tersebut juga banyak ditemukan fragmen menhir dan fragmen peti kubur batu. Oleh karena itu, tempat tersebut sebenarnya merupakan salah satu situs prasejarah yang ada di Gunungkidul.

Benda cagar budaya yang terdapat di Penampungan Bleberan merupakan hasil pengamanan dari Kecamatan Playen dan sekitarnya. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X