Jangan Salah Pesan, Ini Bedanya Tengkleng dan Tongseng

Kompas.com - 27/11/2019, 10:25 WIB
Tongseng Kicik Pak Jade dari Sleman. Kompas.com/Silvita AgmasariTongseng Kicik Pak Jade dari Sleman.


JAKARTA, KOMPAS.com - Apa bedanya tengkleng dengan tongseng? Kedua makanan ini biasanya berbahan dasar kambing. Oleh karena itu, makanan ini kerap diburu para pecinta makanan olahan kambing.

Baca juga: Mudik Lewat Yogyakarta, Ada Tongseng Bebek Tanpa Micin di Resto Ini...

Tengkleng dan tongseng yang sama-sama berasal dari Jawa Tengah ini memiliki citarasa yang berbeda.

Prof. Dr. Ir. Murdijati-Gardjito, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, menjelaskan apa perbedaan kedua masakan ini.

"Beda sekali, kalau tongseng itu adalah masakan daging sapi atau kambing yang dicampur dengan sayuran lunak sepeti tomat dan kubis lalu yang dibumbui dengan kuah gulai dan diberi kecap," jelas Prof Dr. Ir Murdijati-Gardjito saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (26/11/2019).

Ia pun menjelaskan isian dari tengkleng. Menurutnya, tengkleng tidak memakai sayur-sayuran.

"Hanya tulang saja, tulang, dan organ-organ dalam seperti hati, babat, pokoknya yang murah-murah. Lalu ada otak yang dibungkus dengan daun, supaya tidak hancur saat dicampur dengan tulang," katanya.

Walaupun sama-sama mengunakan kuah gulai sebagai campurannya. Hal membedakan lainnya adalah tongseng menggunakan kecap, cabai, tomat, dan kubis.

Bagian kambing yang digunakan dalam tongseng mulai dari kulit kepala, lidah, hati, atau dagingnya itu sendiri.

Sejarah tengkleng

Jika ditarik lebih jauh, tengkleng memiliki sejarah yang cukup pilu. Hidangan satu ini lahir dari kesengsaraan rakyat pada masa penjajahan. Saat itu, masyarakat hanya mampu membeli "limbah" dari kambing yaitu bagian tulang dan jeroan.

"Itu dinamakan tengkleng karena, kalau ditaruh di piringnya orang miskin dulu, terbuat dari gebreng (semacam seng) itu bunyinya kleng-kleng-kleng," jelas Prof Dr. Ir Murdijati-Gardjito.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X