Tekstur Mi Kesukaan Banyak Orang Indonesia, Mana Favoritmu?

Kompas.com - 27/11/2019, 12:22 WIB
Bakmi Babah Tong pergikuliner.comBakmi Babah Tong


JAKARTA, KOMPAS.com - Bakmi merupakan salah satu makanan yang tidak bisa dipisahkan dari lidah orang Indonesia. Makanan yang dulunya dibawa para imigran dari China ini sekarang sudah menyebar luas di Indonesia.

Olahan mi dengan tekstur yang berbeda juga menjadi alasan setiap orang menyukai makanan satu ini. Tekstur mi yang beragam membuat penikmat bakmi punya favorit masing-masing. 

Baca juga: Doyan Jajan Bakmi, Ini 4 Tips Biar Makan Bakmi Makin Enak

"Kalau berbicara tekstur bakmi yang enak, lihat orang Indonesia karakternya banyak, jadi ada bakmi yang menurut kita enak, tapi belum tentu menurut orang lain enak," kata Stefu Santoso, President of Association of Culinary Professionals sekaligus Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, saat dihubungi oleh Kompas.com, Jumat (22/11/2019).

Secara umum, menurut Stefu, banyak orang Indonesia suka dengan mi yang memiliki tekstur halus dan lembut.

Namun, untuk orang Tionghoa, ada yang cenderung suka mi dengan tekstur keras dan alot. Mi tersebut biasanya disebut mi karet.

Stefu juga menyebutkan, banyak orang Indonesia seleranya adalah mi nyemek, alias mi dengan tekstur agak lembek dan sedikit berkuah. 

 Baca juga: 100+ Bakmi Terlezat di Jakarta Pilihan Tirta Lie

"Jadi kita kembalikan ke selera masing-masing karena budaya itu sangat memengaruhi selera orang. Dalam keluarga saya saja suka jenis mi yang beragam. Seperti saya suka tidak terlalu kenyal, lalu mertua yang suka dengan mi agak alot, kalau anak saya yang laki-laki suka mi yang halus, yang lembut," paparnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X