Kunci Membuat Mi dengan Tekstur Sesuai Keinginan

Kompas.com - 27/11/2019, 13:32 WIB
Bakmi Kenangan. Instagram Bakmi KenanganBakmi Kenangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakmi hidangan dari dataran Tiongkok ini sudah menjamur, bahkan menjadi salah satu santapan khas orang Indonesia. Untuk mengolahnya pun tidak sulit,  hanya membutuhkan sedikit tips agar bisa membuat mi sesuai dengan seleramu.

Pada dasarnya membuat adonan mi yang perlu disiapkan hanya air, tepung, dan telur.

Bahan-bahan tersebut bisa ditambah atau dipilih jenisnya sesuai dengan tekstur mi yang diinginkan.

Baca juga: Sejarah Bakmi hingga Jadi Favorit di Indonesia

"Jadi (berpengaruh) dari jenis tepung dan bahan untuk mengolah, karena tergantung komposisi dari tepung, air, dan telur. Ada mi yang tidak pakai telur, ada mi yang pakai telur bebek, ada yang pakai telur ayam, jadi karakternya bermacam-macam," jelas Stefu Santoso, President of Association of Culinary Professionals sekaligus Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, ketika dihubungi oleh Kompas.com, Jumat (22/11/2019).

Jenis tepung yang berbeda juga dapat menghasilkan tekstur yang berbeda. 

"Kalau suka makan mi yang halus dan lembut, mereka butuh tepung dengan kandungan protein yang tinggi, contohnya tepung double zero," jelasnya.

Umumnya, Stefu menyebutkan, tepung double zero digunakan sebagai bahan dasar pasta karena dapat menciptakan tekstur yang tidak mudah putus.

Untuk yang doyan mi dengan tekstur kenyal, Stefu memberi saran, kuncinya ada pada tambahan sedikit air abu. Tambahan air abu dan tepung membuat tekstur mi jadi lebih membal. 

Baca juga: Salah Kaprah Bakmi yang Sering Dikira Bak Berarti Babi

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X